Peristiwa

Pokdarwis Sarankan Bupati Terbitkan SK Desa Wisata untuk Prioritas

Magetan – Sebanyak 10 desa binaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Magetan disiapkan untuk bersaing di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022.

Kesepuluh desa itu, desa Sumberdodol, Jabung, Ngancar, Pacalan, Genilangit, Mrahu , Kraton, Simbatan, Randugede, dan Sidomukti.

Ketua Pokdarwis Magetan, Widya Astuti mengatakan untuk lomba Anugerah Desa Wisata ini diperlukan Surat Keputusan bupati berisi penetapan desa wisata. 

“Dengan adanya SK bupati itu, maka ada arah prioritas pembangunan desa. SK ini penting tidak hanya bagi dinas pariwisata dan kebudayaan tetapi juga untuk OPD terkait lainnya seperti Permas, Indag, Diskominfo, DPMPTSP, pertanian, peternakan, lingkungan, dan dinas lain yang terkait dengan kepariwisataan desa,” jelasnya, Rabu (16/3/2022).

Menurut Widya membangun desa wisata merupakan solusi bagi kegiatan kepariwisataan desa.

Anugerah wisata Indonesia, memiliki 7 aspek penilaian, yakni daya tarik pengunjung, homestay, digital dan kreatif, souvenir, toilet umum, CHSE, dan kelembagaan desa.

Tahun lalu, dua desa di Magetan, Desa Genilangit dan Simbatan berhasil sampai pada 300 besar di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia.

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment