Peristiwa

Serahkan Beasiswa PIP, Ketua DPRD Jatim: Anak-anak Tidak Boleh Putus Sekolah

Magetan – Jangan sampai anak-anak kita putus sekolah. Pesan ini disampaikan oleh Ketua DPRD Jatim, Kusnadi, Jumat (8/7/2022) pada sekitar 150 wali murid di Magetan penerima beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP).

Sosialisasi dan penyerahan beasiswa PIP ini melalui jalur aspirasi Komisi X DPR RI, Guruh Soekarno Putra dari Fraksi PDI Perjuangan. Sosialisasi digelar SMA Negeri 1 Maospati, Magetan.

“Dan, kita tidak boleh teledor soal pendidikan. Karena, warisan ilmu jauh lebih berharga daripada warisan harta,” ungkap ketua dewan dari PDI Perjuangan.

Menurut Kusnadi, dengan beasiswa PIP ini diharapkan bisa membantu keluarga kurang mampu di tengah wabah pandemi Covid-19. Yang saat ini perekonomian keluarga dan bangsa mulai bangkit.

“Dengan PIP ini, diharapkan anak tetap sekolah yang layak. Dengan SDM yang mumpuni maka diharapkan kelak putra putri kita akan baik. Karena, mereka ini kelak akan menjadi pemimpin bangsa,” tutur dia.

Kusnadi juga meminta pada penerima bantuan PIP untuk menolak segala bentuk pungutan. Karena, pada dasarnya, segala jenis bantuan dari pemerintahan itu tidak ada pungutan dalam bentuk apapun.

“Apa bapak ibu diminta sesuatu?” tanya Kusnadi. Dijawab tidak oleh penerima bantuan PIP “Sak estu nggih,” tegas Kusnadi yang dijawab serempak “Iyaa..!!!”

Beasiswa PIP jalur aspirasi Komisi X DPR RI, Guruh Sukarno Putra ini, memang murni memfasilitasi dan membantu masyarakat. “Makanya, satu rupiah pun tidak boleh ada pungutan dari PIP ini,” ungkap Kusnadi

Anggota DPRD Jawa Timur Diana Amaliyah Verawatiningsih atau Diana Sasa yang memfasilitasi beasiswa PIP dari jalur aspirasi Guruh Sukarno Putra itu menambahkan, dari 264 pemohon, sebanyak 126 sudah diserahterimakan.

Sedangkan 89 wali murid sisanya masih dalam proses. “Ada yang tidak lolos itu bukan karena karena pilih kasih tapi lebih karena penggunaan teknologi dalam sistem beasiswa PIP ini,” ujar Sasa yang juga pegiat literasi tersebut.

Menurut Sasa, beasiswa PIP ini dinilai membantu dan bisa menolong masyarakat, yang memang benar-benar membutuhkan di kala terpasn badai pandemi Covid-19. Sasa berharap bantuan PIP ini digunakan sebaik-baiknya.

“Kami ucapkan selamat. Semoga pendidikan anak-anak kita lancar. Sehingga, anak tidak putus sekolah. Saya berpesan, agar kita tetap optimistis dalam menjalani kehidupan. Hadapi segala cobaan ini dengan gotong royong, penuh kesabaran juga keikhlasan. Karena, kita bisa,” ungkap Sasa.

Dalam sosialisasi dan penyerahan beasiswa PIP ini, turut hadir Ketua DPRD H. Sujatno, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Magetan. Juga Didik Nurhadi, tenaga ahli anggota Komisi X DPR RI, Guruh Sukarno Putra. Juga Kepala SMA Negeri Maospati 1, Hari Amanto.

Orang tua dari Mega Alexia Nur Fitria, penerima beasiswa PIP dari SDN Randugede 2 Kec. Plaosan, mengucap syukur. Sebab, bantuan PIP ini bisa meringankan beban perekonomian mereka. Apalagi, saat ini, bersamaan tahun ajaran baru, tentu saja, wali murid banyak pengeluaran.

“Terima kasih Pak Kusnadi dan Mbak Sasa, yang memfasilitasi kami. Sehingga, bisa mengakses bantuan PIP melalui jalur aspirasi Mas Guntur Sukarno Putra,” ujar orang tua Mega pada media, dengan wajah semringah. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment