Peristiwa

Sungai Tercemar Limbah Kotoran Sapi, Jerembak Desa Pacalan Rusak

Magetan – Sungai yang melintas Desa Pacalan, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, kembali tercemar limbah kotoran sapi. Diduga, limbah itu buangan dari Kampung Susu Lawu di Singolangu dan Duwet, Kel. Sarangan.

Karena terdampak limbah, air sungai terlihat keruh dan berbau kotoran sapi. Padahal, aliran sungai itu dimanfaatkan masyarakat setempat, seperti pengairan lahan.

Kepala Desa Pacalan, Agus Suharto mengatakan soal limbah tersebut sempat ramai pada April 2022 lalu. Dan, kini terulang lagi. Pihaknya mendukung program pemerintah. Hanya saja, dampak lingkungan juga hendaknya dipertimbangkan matang.

“Sepengetahuan kami, kotoran sapi yang padat dikumpulkan. Kemudian bekas-bekasnya kotoran disemprot. Nah, sisa kotoran yang disiram air inilah yang mengalir ke sungai dan melewati desa Pacalan,” kata Agus pada media di Balai Desa Pacalan. Kamis (21/7/2022).

Dampak dari limbah kotoran sapi di sungai, kebun selada air atau jerembak milik warga Pacalan rusak. Menurut Yatno, petani setempat, tanaman jerembak jadi kekuningan. “Sebelum akhirnya membusuk,” ungkap Yatno.

Desa Pacalan adalah salah satu desa penghasil jerembak di Magetan. Selada air tersebut mayoritas dikirim ke sejumlah pasar di eks Karesidenan Madiun. “Kalau airnya seperti ini, petani kami jadi merugi. Kami mengharap segera ada solusi dari Pemkab Magetan atas pencemaran ini,” tambah kepala desa. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment