Peristiwa

Tepat Hari Sumpah Pemuda, Titik ke-15 Safari Budaya KPSBN Digelar di Sambirobyong

Sidorejo – Tepat di Hari Sumpah Pemuda, Jumat (28/10/2022) malam, Komunitas Pelestari Seni Budaya Nusantara (KPSBN) kembali menggelar safari budaya, yakni pagelaran wayang kulit di Desa Sambirobyong, Sidorejo, Magetan.

Kali ini mengambil lakon “Bimo Suci” dengan dalang Ki Agung Budi Dewanto  Ini gelaran ke-15 dari 21 titik di Kabupaten Magetan.

Hadir dalam acara tersebut yakni Ketua Pepadi Magetan, Muslimin, Forkopimca Kecamatan Sidorejo, Kepala Desa se-Kecamatan Sidorejo, serta masyarakat Desa Sambirobyong dan sekitarnya.

Kepala Desa Sambirobyong, Sukarna, menyampaikan banyak terima kasih kepada KPSBN yang telah mempercayakan Desa Sambirobyong sebagai salah satu titik dalam rangkaian safari budaya.

“Saya sangat berterima kasih kepada KPSBN, Pepadi Magetan, serta pihak terkait. Suatu kebahagian bagi saya dan masyarakat Sambirobyong khususnya dengan adanya gelaran yayang kulit ini, semoga menjadi energi positif untuk menjaga kelestarian budaya leluhur di era milenial saat ini,” kata Sukarna, dalam sambutan di awal acara.

Ketua Pepadi Magetan, Muslimin, mengatakan, tujuan utama dari acara ini adalah mengenalkan serta menjaga budaya wayang ini sebagai warisan budaya yang adiluhung.

“Jadi visi dan misi yang dikemas KPSBN ini yaitu pengenalan budaya tradisional khususnya wayang kulit,” jelasnya

Muslimin menambahkan, puncak acara KPSBN akan dilakukan pada 10 November 2022 mendatang. “Masih ada enam titik lagi, dan puncak dari acara nantinya pada 10 November yang bertepatan pada hari Pahlawan,” imbuhnya.

Warga yang hadir tampak antusias warga. Pantauan magetankita.com, tempat yang disediakan panitia penuh dipadati warga. Dalam acara, panitia juga menyediakan banyak hadiah secara gratis yang diundi untuk warga. (Rud/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment