Selasa, 25 Juni 2024

Tolak Usulan Kenaikan Gaji Direksi, Karyawan PDAM Magetan Surati Ketua DPRD

Magetan – Perumda PDAM Lawu Tirta Magetan bergejolak. Sejumlah perwakilan karyawan yang tergabung Paguyuban Tirta Lawu mendatangi gedung DPRD Magetan, Rabu (30/11/2022).

Mereka menyerahkan surat kepada Ketua DPRD Magetan. Isi suratnya, paguyuban menolak kebijakan rencana kenaikan gaji jajaran direksi PDAM Lawu Tirta yang dinilai terlalu tinggi.

Dalam surat dua lembar tersebut, paguyuban juga meminta agar Dewan memberikan koreksi sekaligus peringatan pada direksi perusahaan air minum plat merah tersebut.

“Kami berharap, dewan membantu kami dalam mencari solusi penyelesaian persoalan ini,” ujar ketua Paguyuban Tirta Lawu Robby Antok di lobi gedung DPRD.

Rencana kenaikan gaji semua karyawan dan direksi PDAM Lawu Tirta tersebut bermula pada 27 Oktober 2022 lalu. Saat itu, jajaran direksi menggelar rapat. Dengan peserta direksi, kepala bagian dan kepala cabang PDAM Lawu Tirta.

Selain gaji direksi, dewan pengawas dan karyawan rapat juga membahas masalah rancangan anggaran keuangan untuk RKAP tahun 2023.

Menurut Robby, dalam rapat tersebut terjadi silang pendapat. Masalahnya, rencana usulan penetapan kenaikan gaji direksi, dewan pengawas dan karyawan tidak seimbang.

“Untuk karyawan itu naik Rp 200 ribu. Dan tidak masuk dalam gaji pokok tapi di tunjangan. Tapi, direksi naik Rp 6,9 juta. Ini yang tidak seimbang menurut paguyuban,” ujar Robby yang diamini Slamet Mulyono, sekretaris paguyuban.

Jika kenaikan gaji direksi digolkan, paguyuban khawatir akan memunculkan hal-hal kontraproduktif di internal PDAM.

“Kami tidak menolak kenaikan gaji, kami hanya meminta pemangku kebijakan mengoreksi usulan kenaikan gaji yang menurut kami tidak berkeadilan, dan tidak manusiawi. Apa ya rasional kenaikan gaji 200 ribu sekarang ini untuk para karyawan. Ada hitungan inflasi, ada kenaikan bbm, dan barang. Sementara, direksi hampir 7 juta hanya karena alasan tidak pernah naik sejak 2019,” tambah juru bicara karyawan PDAM Magetan, Asmar Multy.

Asmar menjelaskan surat ke dewan ini sebagai tidak lanjut dari surat pertama karyawan yang dikirim ke Bupati Magetan Suprawoto sebagai Kuasa Pemilik Modal.

“Karena surat ke Pak Bupati belum ada jawaban, dan direksi tetap pada pendiriannya, maka kami bersurat ke dewan,” katanya.

Direktur Utama PDAM Lawu Tirta Magetan, Choirul Anam dikonfirmasi hingga Rabu sore pukul 17.00 belum memberikan jawaban. (mif/far/mk)

Berita Terkait

Hot this week

Pilkada Magetan, PAN Pastikan Jalan dengan Demokrat

Magetan – DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Magetan memastikan...

Maju Pilkada Magetan, Nur Sodiq Sudah Daftar Cabup di Partai Gerindra

Magetan - Mohamad Nur Sodiq muncul sebagai wajah baru...

Direktur TWC Dikabarkan Maju Pilkada Magetan, Berikut Penjelasannya

Magetan – Setelah ada stagnasi perpolitikan pascapendaftaran cabup/cawabup, muncul...

Buka Komunikasi Politik, Kandidat Calon Bupati Magetan Nur Sodiq Temui Dua Ketua Partai

Magetan – Pelan-pelan, salah satu kandidat calon bupati Magetan...

Hari Raya Idul Adha, Nur Sodiq Pulkam, Kunjungi Pondok dan Berkurban

Magetan – Momentum Idul Adha 1445 H menjadi waktu...

Berita Terbaru

Jeneng, Jenang, dan Jaringan

DUA bulan lagi, pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil...

Pakai Anggaran Pusat, DPUPR Magetan Perbaiki Jalan Maospati-Bendo Mulai Juli

Magetan – Dinas PUPR Magetan akan memperbaiki jalan sepanjang...

Tepis Nyalon, Ketua AKD Magetan: AKD akan Ambil Peran untuk Sukseskan Pilkada 2024

Magetan – Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Magetan bertekad...

Popular Categories