Wisata & Kuliner

Wow, Enaknya Durian Magetan di Festival Duren Nak’Nan

Magetan – Rasanya manis, ada sedikit pahit, warnanya kuning dan tekstur buahnya tebal nan legit. Itulah yang dirasakan Isa Bajaj, komedian asal Magetan saat mencicipi durian Suro. “Rasanya nak nannnn..manis ada pahitnya,” ujar Isa, Jumat (11/02/2022).

Durian Suro tumbuh dan berkembang di Desa Ngliliran, Kec. Panekan. Durian ini tampil sebagai juara satu dalam Festival Duren Nak’Nan Kec. Panekan. Selain durian Suro, ada varian durian Mbah Kiplik dari Ngliliran yang juara tiga dan durian Slamet dari Jabung juara dua.

Kepala Desa Ngliliran, Karmo mengaku senang setelah dua varian durian di desanya, Suro dan Mbah Kiplik, memenangi Festival Duren Nak’Nan. “Kami optimistis, kelak durian dari Ngliliran bisa jadi salah satu ikon di Magetan,” terang mbah lurah Karmo.

Camat Panekan Dicong Maleleh mengatakan, Festival Duren Nak’Nan dan lomba durian ini memang misinya untuk mengangkat Panekan sebagai salah satu sentra durian di Magetan.

“Di Panekan ini, hampir di semua desa punya potensi tanaman durian. Karenanya, dengan festival seperti ini, durian dari wilayah Panekan bisa terus kita kembangkan. Harapan kami bisa menjadi salah satu ikon Magetan,” kata camat Panekan ini.

Bupati Suprawoto yang hadir dalam Festival Duren Nak’Nan mengatakan, kalau soal rasa, durian Suro dan durian lain dari Kecamatan Panekan, ini enak. “Saya berharap durian yang juara ini diteteni. Kemudian kelak diperbanyak untuk pembibitannya,” kata bupati.

Bupati yang hadir bersama Wabup Nanik Endang Rusminiarti, Ketua DPRD Sujatno, Sekda Hergunadi dan sejumlah OPD itu juga kesengsem dengan varian durian dari Kec. Panekan

“Menurut saya, durian Suro, Mbah Kiplik dan durian Slamet ini rasanya luar biasa. Kalau nggak percaya, datang saja ke Panekan,” ujar Wabup Nanik Endang. (ant/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment