Peristiwa

Di Masjid Ini Salat Tarawih Sampai 8 Jam

Magetan – Aktivitas di bulan suci Ramadan di Pondok Pesantren Al Fatah, Desa Temboro, Kec. Karas, Magetan, berjalan seperti biasa. Namun, di masjid Darusalaam Pondok Temboro ada yang istimewa.

Sebab, di pondok tersebut, melangsungkan salat sunnah tarawih selama kurang lebih delapan jam. Ini sekaligus mengkhatamkan 30 juz Alquran tiap malamnya.

Kepala Madrasah Aliyah Al Fatah Temboro, Ustadz Barli Musaddad mengatakan, “Kegiatan ini kurang lebih sudah sepuluh tahun. Awal-awalnya, kurang banyak peminatnya. Tapi, ada beberapa jamaah yang bersemangat melakukan salat tarawih dengan mengkhatamkan 30 juz tiap malamnya,” kata Barli, pada media. Jumat (07/04/2022)

Salat tarawih di Ponpes Al Fatah yang mengkhatamkan 30 juz ini, berakhir menjelang waktu sahur.

Seiring berjalannya waktu, makin banyak kelompok-kelompok jamaah yang menggelar salat sunnah tarawih dengan mengkhatamkan 30 juz Alquran. “Ada sepuluh kelompok yang tiap salat tarawih, bacaan surahnya khatam Alquran,” ungkap dia.

Untuk imam salat tarawih 30 juz ini, terang Ustadz Barli, ada seleksi ketat. Mulai dari bacaan, tajwid dan shifatul huruf-nya.

“Tapi, yang salat tarawih 30 juz ini, kelebihannya, imamnya tidak hanya satu orang. Ada enam imam. Tiap imam lima juz. Gantian, shift-shift-an,” ujar dia.

Di pondok Trangkil ini, banyak kelompok jamaah salat tarawih dengan bacaan satu juz, dua juz, lima juz dan 10 juz. Ini kebanyakan diikuti oleh masyarakat umum dan santri baru.

“Alhamdullah, untuk yang 30 juz ini, makmumnya tidak ganti-ganti. Betul-betul kuat dari awal hingga akhir,” ungkap Ustadz Barli. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment