Selasa, 25 Juni 2024

Guyub Rukun Mlaku Bareng, Puncak Peringatan HUT ke-78 RI di Desa Sambirobyong Magetan

Sidorejo – Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dirayakan meriah di desa-desa di Magetan. Salah satunya, Desa Sambirobyong, Kecamatan Sidorejo. Dalam rangka HUT ke-78 RI, Pemerintah Desa Sambirobyong menggelar “Guyub Rukun Mlaku Bareng“.

Ribuan warga tampak antusias mengikuti acara yang dipusatkan di lapangan desa setempat, Sabtu (26/8/2023).

Acara dimulai dengan senam bersama tersebut, menempuh jarak 4 km dan diberangkatkan oleh Kepala Desa Sambirobyong. Dari Lapangan Dukuh Blogan, menuju Dukuh Ngroto, dan dilanjutkan ke Dukuh Sambi, dan Podang lalu kembali ke lapangan sebagai finish.

Ada gebrakan menarik yang dilakukan Pemdes Sambirobyong, hal itu dengan memberdayakan UMKM yang ada di desa setempat. Pemdes Sambirobyong membagikan kupon sebesar Rp 5.000 kepada peserta, untuk ditukarkan dengan makanan para UMKM yang standbay di lokasi acara.

“Ada 700 voucer yang kami bagikan. Dan itu bisa ditukarkan makanan atau minuman kepada UMKM yang ada dilokasi. Ini salah satu cara kami memberdayakan serta mendongkrak ekonomi UMKM warga kami,” ucap Sukarna, Kepala Desa Sambirobyong, Sabtu (26/8/2023).

Ibarat mengayuh, dua tiga pulau terlampaui. Hal itu diterapkan Pemdes Sambirobyong dengan menjual kupon Mlaku Bareng. Bukan tanpa alasan, hasil penjualan kupon yang terjual ke warga, semuanya untuk pembangunan masjid di wilayahnya.

“Terima kasih untuk semua warga, dari total penjualan kupon, terkumpul sebesar Rp 7.273.000. Dan ini semua akan disumbangkan untuk pembangunan masjid Al Mukminin, Dukuh Ngledok,” ucap Nano, sapaan akrab Sukarna disambut tepuk tangan meriah warga.

Dalam Mlaku Bareng tersebut, ratusan hadiah telah disediakan. Ada 10 ekor kambing yang telah disiapkan Pemerintah Desa sebagai hadiah utama, selain itu barang elektronik serta beberapa perabotan rumah tangga dan alat pertanian. Tidak ketinggalan, partisipasi Masyarakat yang mempunyai usaha turut andil menyumbangkan doorprize untuk para warga

“Terima kasih untuk semuanya. Terima kasih untuk para penyumbang doorprize tambahan. Semoga ini semua bisa bermafaat untuk warga semua,” pungkasnya.

Eva Ana Lativah, warga Dukuh Podang yang menjadi salah satu pemenang kambing mengatakan rasa terima kasih kepada Pemerintah Desa Sambirobyong. Kedepannya, kambing yang ia dapat rencananya akan dikembangbiakkan sendiri.

“Alhamdulillah, saya terharu mendapat kambing. Terima kasih Mbah lurah, terima kasih pemerintah desa. Semoga hadiah ini bisa berkembang banyak,” ucapnya.

Selain ratusan doorprize, panggung hiburan juga tak luput dari list untuk memeriahkan kemerdekaan di desa yang dikenal dengan sentral ubi jalar tersebut. Siangnya, kesenian reog dari desa setempat juga ditampilkan untuk menghibur para warga. (rud/mk)

Berita Terkait

Hot this week

Pilkada Magetan, PAN Pastikan Jalan dengan Demokrat

Magetan – DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Magetan memastikan...

Maju Pilkada Magetan, Nur Sodiq Sudah Daftar Cabup di Partai Gerindra

Magetan - Mohamad Nur Sodiq muncul sebagai wajah baru...

Direktur TWC Dikabarkan Maju Pilkada Magetan, Berikut Penjelasannya

Magetan – Setelah ada stagnasi perpolitikan pascapendaftaran cabup/cawabup, muncul...

Hari Raya Idul Adha, Nur Sodiq Pulkam, Kunjungi Pondok dan Berkurban

Magetan – Momentum Idul Adha 1445 H menjadi waktu...

Buka Komunikasi Politik, Kandidat Calon Bupati Magetan Nur Sodiq Temui Dua Ketua Partai

Magetan – Pelan-pelan, salah satu kandidat calon bupati Magetan...

Berita Terbaru

Jeneng, Jenang, dan Jaringan

DUA bulan lagi, pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil...

Pakai Anggaran Pusat, DPUPR Magetan Perbaiki Jalan Maospati-Bendo Mulai Juli

Magetan – Dinas PUPR Magetan akan memperbaiki jalan sepanjang...

Tepis Nyalon, Ketua AKD Magetan: AKD akan Ambil Peran untuk Sukseskan Pilkada 2024

Magetan – Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Magetan bertekad...

Popular Categories