Peristiwa

Tiga Kendaraan Bermotor dari Diana Sasa untuk Pokdarwis Magetan

Magetan – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Magetan sangat senang dengan adanya bantuan sejumlah unit kendaraan bermotor.

Tiga unit sepeda motor diterima Pokdarwis Magetan yang berasal dari APBD provinsi Jawa Timur yang diperjuangkan melalui aspirasi Anggota DPRD Jawa Timur, Diana Sasa.

“Sangat membantu. Terutama Pokdarwis yang ada di desa. Karena mereka membutuhkan sarana transportasi untuk datang ke tempat-tempat potensi wisata. Bersama desa untuk melakukan sharing dan advokasi agar potensi wisata di desa bisa dikembangkan,” kata Ketua Pokdarwis Kabupaten Magetan, Widya Astuti, Rabu (16/2/2022).

Pokdarwis, adalah kelembagaan yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab. Kelompok ini berperan sebagai penggerak dalam mendukung tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kami berterima kasih sekali atas kepedulian Mbak Diana Sasa. Semoga ini bisa menginspirasi pihak lain untuk peduli terhadap kami,” jelas Widya.

Pokdarwis Magetan berhasil membawa sejumlah desa di Magetan meraih prestasi hingga tingkat nasional.

Desa Wisata Simbatan dan Genilangit merupakan 300 besar Anugerah Desa Wisata tingkat nasional dari sekitar 1800 desa yang diseleksi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Berikutnya, Desa Wisata Randugede atas Lomba Video Profil Desa Wisata Jawa Timur 2021 (PHJD) dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur.

Anggota DPRD Jawa Timur, Diana Sasa mengatakan bantuan itu merupakan komitmennya untuk membantu pengembangan sektor wisata, terutama wisata desa. Sesuai kebijakan Presiden Jokowi, membangun dari pinggiran (desa).

“Untuk mewujudkan desa wisata, selain perlu kreativitas warga, juga perlu pendapingan dari ahli wisata. Tak kalah penting untuk membangun jejaring antar desa lintas wilayah. Di sini lah saya melihat perlunya peran Pokdarwis atau sejenisnya, misalnya Asidewi (Asosiasi Desa Wisata) dan sebagainya. Mereka mediator, fasilitator desa dengan pihak luar. Mereka mendampingi proses desa wisata,” jelasnya.

Diana Sasa memercayai desa yang mampu berdaya akan meningkat kesejahteraan warganya. (far/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment