Minggu, 14 Juli 2024

Tunjukkan Bekas Tinta Pemilu di Jari, Pemkab Magetan Beri Diskon Setengah Harga Masuk Tempat Wisata

Magetan – Tak terasa, nyoblos tinggal hitungan jam. Besok, 14 Ferbruari 2024. Berbagai upaya seperti tak pernah berhenti agar warga Magetan menggunakan hak pilihnya. Alias, tidak golput.

“Pemilu adalah sarana kedaulatan rakyat untuk menentukan wakil dan pemimpinnya,” kata Ketua KPU Magetan Fahrudin dalam berbagai kesempatan.

Sosialisasi untuk menekan angka golput dilakukan berbagai pihak terutama penyelenggara, pengawas dan Pemkab Magetan.

Tak cuma sosialisasi, Pemkab punya cara lain agar angka partisipasi pemilih di Magetan tetap tinggi. Ide ini bermula dari diskusi santai di Peringatan Hari Pers Nasional, 9 Februari lalu.

Kapolres AKBP Satria Permana berharap ada diskon bagi mereka yang telah nyoblos dengan menunjukkan tinta di jarinya.

“Magetan kota wisata, tentu destinasi wisata bisa memberikan diskon itu agar partisipasi pemilih meningkat,” katanya.

Ide Kapolres disambut baik Pj Bupati Magetan Hergunadi yang juga hadir dalam acara itu. “Dalam satu hari akan kami rilis, usulan ini sudah kami bahas sebetulnya,” ungkap Hergunadi.

Tepat di masa tenang, Pemkab Magetan merilis sejumlah destinasi wisata yang dikeloal pemkab memberikan potongan harga dengan menunjukkan tinta pemilu di jari.

Sejumlah destinasi wisata, bahkan memberikan diskon setengah harga, 50 persen.  Yakni, Telaga Sarangan, Telaga Wahyu, dan Kebun Bunga Refugia pada 14-18 februari 2024.

“Secara prinsip, bagaimana pemerintah bisa memberi kesempatan kepada masyarakat agar bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar. Salah satunya, dan salah satu upayanya memberi kemudahan berupa discount masuk ke tempat wisata,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Joko Trihono, Selasa (13/2/2024).

Tak hanya destinasi yang dikelola pemerintah, ada swasta juga yang ikut memberikan “hadiah” bagi mereka yang sudah nyoblos dengan diskon.

Ada diskon bervariasi 20-50%, hingga gratis masuk untuk kelompok pengunjung pertama, seperti di Mojosemi Forest Park, Magetan Park, Sendang Bening, Lawu Green Forest, Pawon Gandek TWD Desa Jabung.

Menurut Joko, melalui promo diskon pemilu diharapkan pengunjung meningkat sehingga menggerakkan ekonomi Magetan.

Pada pemilu 2019 lalu, tingkat partisipasi pemilih di Magetan mencapai sekitar 80 persen. (par/mk)

Berita Terkait

Hot this week

Berita Terbaru

Popular Categories