Breaking news:

Asam Lambung Bisa Sembuh karena Puasa, Ini Tipsnya

Magetan – Bagi umat muslim di Magetan, yang menderita penyakit asam lambung dan maag, tak perlu khawatir jika menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Ini ada tips dari dr. Mohamad Ananto C. Sp. PD, dokter di RSUD dr Sayidiman Magetan. “Untuk penderita gangguan lambung, aman kok jika berpuasa di bulan Ramadhan,” kata dr Ananto, Minggu (03/04/2022).

Menurut dia, selama menunaikan puasa di bulan Ramadhan, penderita gangguan lambung justru malah akan membaik. Ini bila dibandingkan dengan yang tidak berpuasa.

“Kenapa, karena hal ini terkait dengan life style yang lebih baik. Juga terkontrol selama berpuasa,” imbuh dokter dari FK Unibraw Malang itu.

Kata dokter Ananto, agar supaya kondisi tetap sehat dan lancar dalam menjalankan ibadah puasa, bagi penderita gangguan lambung, seyogianya melakukan hal berikut. Seperti, makan secukupnya saat sahur dan puasa. Kemudian, hindari makan dengan terburu-buru.

“Pilih makan dan minuman yang tepat dan hindari makanan yang terlalu pedas atau asam. Yang terpenting, jangan minum bersoda dan kafein. Dan hindari tidur setelah makan. Juga tetap minum obat sesuai anjuran dokter,” pungkas dia. (mif/mk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Berita Terkait