Peristiwa

Ayam Berharga Jutaan di Kontes Ayam Bangkok Ekor Lidi

Plaosan – Ayam bangkok identik dengan ayam petarung. Ini yang coba diedukasi oleh Komunitas Pecinta Ayam Ekor Lidi Indonesia (Kopali). Caranya dengan menggelar kontes ayam bangkok hias ekor lidi.

“Jadi, ayam bangkok itu bisa dijadikan ayam hias juga, tidak hanya ayam petarung saja,” terang Ketua Umum Kopali Riki Jamus dalam kontes di Kebun Refugia, Plaosan, Magetan pada Minggu (27/3).

Menurut dia, ayam bangkok itu dapat dinikmati dari segi keindahan tubuh, struktur, bulu, serta bentuk ekornya.

Untuk membedakan ayam bangkok petarung dan ekor lidi, Riki menerangkan bahwa, ayam bangkok ekor lidi memiliki tulang ekor yang lebih kaku dan panjang seperti lidi.

Kalau ayam bangkok petarung, ekornya tidak kaku dan panjang. “Ekor lidi ini lebih dipengaruhi oleh gen indukan. Jadi, tidak semua ayam bangkok itu memiliki ekor lidi,” tutur Riki.

Dari sisi harga jual. Tentu saja ayam hias ekor lidi memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari pada ayam petarung. “Kalau ayamnya kalah kontes, harganya masih bisa menembus lima jutaan karena ekornya. Beda sama petarung, kalau sudah kalah tanding ya harga jualnya kisaran Rp 150 ribu,” ungkap Riki. (ant/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment