Peristiwa

Jelang Tahun Politik, Polres Magetan Ajak FKUB Berperan Jaga Situasi Damai

Magetan – Upaya mempererat tali silaturahmi dilakukan Polres Magetan. Kali ini bersama Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Magetan. Silaturahmi digelar Gedung Pesat Gatra Polres, Jumat (25/11/2022).

Silaturahmi diikuti pengurus dan anggota FKUB lintas agama. Juga diikuti pejabat utama polres dan kapolsek. Salah satu misinya adalah memantapkan, meningkatkan toleransi serta kerukunan umat beragama di Magetan.

Kapolres AKBP Muhammad Ridwan mengucapkan terima kasih atas peran FKUB sebagai penggerak kerukunan dan toleransi umat beragama.

Lebih lanjut kapolres mengungkapkan atas doa semua warga dan tokoh masyarakat sehingga situasi di Magetan berjalan kondusif.

“Alhamdulillah kamtibmas dan berbagai pengamanan kegiatan di Magetan berjalan aman mulai kegiatan Suroan, Hari jadi Magetan, hari Santri dan terakhir Livoli serta Festival Gubernur Suryo berlangsung aman kondusif,” ungkapnya.

Kapolres menjelaskan dalam perkembangannya saat ini dimana angka penyebaran Covid-19 masih tinggi. Sehingga Gubernur Jatim bersama Kapolda mengaktifkan kembali Gebyar Percepatan Vaksin di Magetan.

“Kita kembali menggelar Gerai Vaksin Presisi. Saat ini sudah memasuki hari ketiga dengan memanfaatkan jadwal pembayaran BLT BBM, BPNT dan PKH,” jelas Ridwan.

Mendekati tahun politik, Pemilu 2024 kapolres berharap melalui FKUB dapat berperan membantu menciptakan situasi yang kondusif, jangan sampai ada gerakan politik identitas yang dapat menimbulkan kontra produktif dan perpecahan.

“Program Kamtibmas Lapor Kapolres Magetan dan Kapolsek kami melalui nomor pengaduan di nomor 08127052003 dan LAPOR POLRES MAGETAN 08113590055 serta Medsos di IG FB Twitter,” ujarnya.

Di lain pihak, Ketua FKUB Magetan (mengakomodasi Ormas Agama NU, MD, LDII, MTA, KMS) KH. Hamim Jazuli mengucapkan salam dan terima kasih kepada kapolres dan jajaran telah mengundang kami FKUB, BAMAG, PELITA sebagai bentuk penghormatan yang luar biasa, untuk bersinergi membantu Harkamtibmas di Magetan.

“FKUB adalah keluarga besar keberagaman antar agama di Magetan, termasuk PELITA adalah ormas FKUB dari kelompok pemuda yang anggotanya juga antar lintas agama,” ungkapnya.

Kiai Hamim juga menyebutkan FKUB berfungsi sebagai unsur kerukunan dan merukunkan ummat yang berbeda-beda agama namun komitmen visi dan misi tujuannya sama menjaga kerukunan.

Di akhir kegiatan dilanjutkan penyerahan bakti religi dengan menyerahkan secara simbolis kitab suci masing-masing agama kepada perwakilan anggota FKUB oleh Kapolres Magetan berupa Al-Quran, Al-Kitab, dan Bhagamat Gita. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email
Tags

Add Comment

Click here to post a comment