Wisata & Kuliner

Pasar Rakyat Simbatan Ungkit Perekonomian Desa

Magetan – Tagline desanya: Simbatan Keren. Satu dari dua desa penerima Anugerah Wisata Kemenkraf itu, terus berbenah. Yakni, melengkapi destinasi Petirtaan Dewi Sri dengan Pasar Rakyat Simbatan.

“Pasar rakyat ini untuk mengungkit potensi perekonomian masyarakat desa Simbatan. Dan kami konsep jadul atau tradisional,” ujar Ketua Pokdarwis Simbatan, Andri Mukti Wibowo, Minggu (20/02/2022).

Pasar rakyat ini baru dibuka dua minggu yang lalu. Ada sembilan lapak yang diisi oleh anggota pokdarwis. Ragam jualannya. Seperti, aneka gethuk, jenang, pecel, batik ciprat Simbatan. “Ke depan, lapak akan diisi per RT/RW,” ujar Andri.

Di depan, ada panggung hiburan. Pada hari minggu diisi kesenian, seperti reyog dan pengamen. “Pelan-pelan, kesenian di desa kami hidupkan. Karena prinsip Pasar Rakyat ini dari dan untuk warga. Sekaligus menjawab tantangan dari Pemerintahan Desa,” tegas Andri.

Kepala Desa Simbatan, Nurhidayat, mengatakan, Pasar Rakyat Simbatan ini, salah satu misinya untuk pemberdayaan perekonomian masyarakat.

“Terutama mendongkrak perekonomian di masa pandemi Covid-19. Yang mana sempat terpuruk dan kini mulai bangkit kembali,” tambah Nurhidayat.

Pasar Rakyat Wisata Simbatan Keren ini lokasinya berdampingan dengan Petirtaan Dewi Sri. Sebelah timurnya. Masyarakat setempat cukup antusuis dengan lapak-lapak. Baik tua maupun yang muda tumplek blek di pasar bernuansa tradisional ini. (ant/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment