Pemilu 2024

Proses Bentuk Gakkumdu, Bawaslu Koordinasi dengan Polres Magetan

Magetan – Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Kabupaten Magetan terus bergerak. Ketua Bawaslu Hendrad Subyakto bersama anggota bertemu Kapolres AKBP Muhammad Ridwan di mapolres setempat.

“Ini silaturahmi awal sekaligus koordinasi terkait proses pembentukan Sentra Gakkumdu (Sentra Penegakkan Hukum Terpadu) Bawaslu Magetan dalam pelaksanaan Pemilu Serentak 2024,” kata Hendrad pada Jumat (12/8/2022).

Bawaslu juga menyampaikan berbagai potensi pelanggaran pemilu yang diperkirakan akan muncul dalam pelaksanaan Pemilu Serentak 2024. Selain itu, dipaparkan pula tentang Indeks Kerawanan Pemilu atau IKP.

“IKP ini sebagai basis analisis dasar dalam melakukan kerja-kerja pencegahan dan pengawasan di lapangan,” imbuh Muries Subiyantoro, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu setempat.

Menurut dia, Magetan pada Pemilu 2019 termasuk dalam kategori tingkat kerawanan rendah. “Setidaknya dalam Pemilu Serentak 2024, Magetan bisa mempertahankan tingkat kerawanan yang rendah.”

Oleh sebab itu, pentingnya Bawaslu Magetan menjalin komunikasi, koordinasi, sinergi bersama jajaran Polres Magetan. Ini dalam upaya untuk bisa menegakkan keadilan pemilu sehingga output pemilu nanti bisa diterima.

“Juga dipercaya masyarakat sekaligus bisa semakin meningkatkan kualitas demokrasi pada umumnya,” terang Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Magetan, Muries Subiyantoro. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment