Olahraga

Ada Pump Track untuk BMX di Hutan Kota Yosonegoro

Magetan – Makin beragam pilihan masyarakat berolahraga secara gratis di wilayah Kota Magetan. Ini setelah Pemkab melalui Dinas Lingkungan Hidup membangun Pump Track di kawasan selatan Stadion Yosonegoro.

Pump track untuk sepeda BMX ini dinamai hutan kota (Huko) Yosonegoro. Trek sepeda tersebut dibangun oleh DLH melalui APBD tahun 2022 dengan dana Rp 78,5 juta.

“Agar fungsi hutan kota semakin lengkap sebagai sarana rekreasi dan olahraga. Masyakarat bisa memanfaatkan secara gratis,’’ kata Kepala DLH, Saif Mukhlissun, Kamis (15/09/2022).

Proses desain Pump Track sendiri melibatkan Pengkab ISSI Magetan. Selain untuk masyarakat yang hobi sepeda, trek tersebut juga bisa digunakan atlet sepeda BMX binaan ISSI.

Dengan pembangunan Pump Track tersebut, diharapkan ruang publik do Magetab, seperti hutan kota akan semakin banyak. Terutama, ruang publik yang tematik.

“Harapan kami, ISSI memiliki sarpas yang baik. Pump Track juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Sehingga, kelak muncul atlet sepeda BMX yang berprestasi dari Magetan,” ujar Mukhlis, sapaan akrab Ketua I KONI Magetan itu.

Menurut dia, sesuai program Bupati Suprawoto, hutan kota yang ada di Magetan agar dibuat tematik. Seperti Huko Kusumo danHuko Poerwodiningrat dengan tema jogging track.

“Jadi hutan kota tetap harus berdiri, di sela pohon sambil pump track sepeda BMX. Ini sensasi yang luar biasa tentunya,” tambah dia.

Ketua Pengkab ISSI Magetan dr Budi Setyonugroho, mimpi atlet sepeda BMX menjadi kenyataan. Selain venue di Tirto Gumarang dan Cemorosewu C1000 Park, kini, kabupaten di timur Gunung Lawu itu mempunyai Pump Track.

“Kami akan merawat dan mengelola sebaik mungkin fasilitas Pump Track di Hutan Kota Yosonegoro. Menjadi PR kami untuk melakukan pembinaan terhadap atlet sepeda BMX junior untuk prestasi Magetan. Selain itu, masyarakat juga dipersilakan memanfaatkan,” kata Budi. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment