Peristiwa

Antisipasi Banjir, Saluran Drainase di Pasar Widorokandang Ditingkatkan

Sidorejo – Untuk mengantisipasi terjadinya banjir saat musim penghujan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Magetan terus melakukan pembenahan dan perbaikan insfrastruktur yang ada di Kabupaten Magetan. Salah satunya, peningkatan saluran drainase lingkungan Pasar Widorokandang, Kecamatan Sidorejo.

Menurut Kepala Bidang Cipta Karya DPUPR Magetan, Rohmat Zainudin, peningkatan saluran drainase di wilayah pasar tersebut sangat diperlukan. Curah hujan seperti saat sekarang ini mengakibatkan debit air tinggi, sehingga memicu terjadinya banjir.

“Untuk antisipasi banjir karena curah hujan yang tinggi, kami tingkatkan saluran drainase di area pasar Widorokandang. Karena ketika hujan, debit airnya tinggi, sehingga drainase tidak mampu menampung air,” jelasnya.

Rohmat menambahkan perbaikan drainase adalah salah satu prioritas Dinas PUPR Magetan. Perbaikan tidak hanya dilakukan di Widorokandang, melainkan banyak titik yang tersebar di Magetan.

“Salah satu fokus untuk antisipasi banjir yaitu perbaikan atau pembuatan drainase. Dan kami lakukan pengerjaan di beberapa titik di wilayah Magetan yang berpotensi banjir,” tambahnya.

Salah satu warga di area Pasar Widorokandang, Bambang, sangat bersyukur dengan diperbaikinya drainase yang ada di lingkungannya.

“Alhamdulillah sekarang diperbaiki. Karena di sini kalau hujan deras, air selalu meluap ke jalan. Area sini banyak sawah, jadi drainasenya gak kuat nampung dan sering banjir,” tuturnya

Pengerjaan saluran drainase wilayah Widorokandang dengan panjang 89 meter tersebut dikerjakan oleh CV Langgeng Wibowo. Total anggaran yakni Rp 176.300.000 dengan konsultan pengawas CV Berdikari Berkah. (par/rud/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment