Peristiwa

Diana Sasa Dorong Para Ibu Bentuk Forum Kesehatan Masyarakat

Magetan – Anggota DPRD Jawa Timur, Diana AV Sasa mendorong para ibu untuk aktif meningkatkan kesehatan masyarakat, caranya dengan membentuk semacam forum kesehatan masyarakat.

Menurut Diana Sasa, keberadaan kelompok masyarakat seperti itu sangat penting untuk membantu program pemerintah dalam mengangkat derajat kesehatan masyarakat.

“Ibu-ibu bisa membuat forum bersama misalnya Forum Kespro Magetan, atau Forum Kespro Mawar, atau penamaan lain agar membantu pemerintah untuk memberikan sosialisasi ke lingkungan terdekat soal apa itu pentingnya kesehatan reproduksi, mengetahui penyakit seksual menular, mencegah stunting dan lain-lain,” jelasnya di acara Sosialisasi Perda Pemprov Jawa Timur Nomor 2/2016 tentang Upaya Kesehatan di Randugede, Plaosan, Minggu (16/01/2021).

Diana Sasa menyampaikan pesan ini di hadapan sekitar 100 ibu-ibu dari berbagai kalangan. Dalam acara itu, hadir Anggota Komisi A DPRD Magetan, Karmini, dan Aktivis Perempuan dan Anak, Desi Tries.

Karmini mengajak para bunda untuk mencegah stunting salah satunya dengan kearifan lokal.

“Melengkapi gizi anak-anak kita, tidak harus dengan yang mahal-mahal. Buah yang mahal, sayur yang mahal. Yang ada di sekitar kita itu bisa. Salah satu contoh misalnya, kalua tidak ada susu sapi, kita mengganti dengan cara yang diajarkan leluhur kita, yaitu tajin,” katanya.

Sementara itu, aktivis perempuan dan anak, Desi Trias mengajak para Bunda PAUD untuk rutin dan periodik mendeteksi secara dini kesehatan reproduksi, salah satunya dengan Pap Smear Test. Desi menyebut kanker serviks atau leher rahim merupakan pembunuh tertinggi pada perempuan di Indonesia. Mencegah sedini mungkin merupakan cara yang terbaik. (far/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment