Peristiwa

Dibangun dengan Anggaran Rp 26 Miliar, Plengsengan Kali Gandong Ambles

Magetan – Proyek plengsengan Kali Gandong Magetan retak-retak dan ambles. Proyek Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo tahun 2021 itu, rusak sepanjang kurang lebih 200 meter dengan lebar lima meter.

“Minggu tengah malam, kami mendengar suara keras. Namun, karena hujan gerimis, paginya baru ngecek. Ternyata, talud atau plengsengan di Kali Gandong ambles,” ujar Ketua RW 03 Kel/Kec. Magetan, M. Iqbal pada media, Senin (09/05/2022).

Proyek itu dibiayai dari APBN dengan nominal anggaran sekitar Rp 26 miliar. Melihat plengsengan ambles tersebut, Iqbal dan Ketua RT 01 lapor kepada Kepala Kelurahan Magetan. Lantaran membahayakan, kemudian dilaporkan pada Polsek Magetan. Lalu, dipasanglah police line di lokasi.

Awal tahun 2022, kata Iqbal, juga ada retakan dan tanah urukan yang ambles. “Siang tadi, pihak BBWS Bengawan Solo juga mengunjungi lokasi plengsengan yang ambles. Trap kedua dari bawah juga ambyar,” terang Iqbal.

Proyek ini bertujuan untuk menahan tanah longsor di bantaran Kali Gandong. Namun, belum ada enam bulan usai pengerjaan, plengsengan itu sudah ambles di beberapa titik.

“Kami, warga yang tinggal sekitar Jalan Thamrin ya cemas. Karena ambles dan retaknya bisa semakin meluas. Ini membahayakan,” tutur Iqbal. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment