Home ยป Diduga Fitnah Ketum PBNU, Ansor Magetan Laporkan Faizal Assegaf
Hukum & Kriminal

Diduga Fitnah Ketum PBNU, Ansor Magetan Laporkan Faizal Assegaf

Magetan – LBH GP Ansor Magetan didampingi puluhan anggota Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Magetan mendatangi Polres Magetan, kamis (10/11/2022). Kedatangan mereka bertujuan melaporkan Faizal Assegaf atas dugaan ujaran kebencian yang menyangkut Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya yang dilakukan Faizal Assegaf melalui media sosial Twitter.

Menurut Ketua LBH Ansor Kabupaten Magetan Zainal Faizin mengatakan, perbuatan memposting/cuitan pada akun Twitter atas nama Faizal Assegaf (@faizalassegaf) diduga melanggar ketentuan Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

“Hari ini kami laporakan Faizal Assegaf terkait Undang-Undang ITE,” tegasnya.

Zainal menjelaskan, LBH Ansor tidak bermaksud membatasi, apalagi berupaya untuk mengkriminalisasi kebebasan berpendapat.

“Kami mengambil langkah hukum hanya terhadap ujaran kebencian yang mengganggu ketentraman kehidupan bersama dan bahkan berpotensi menyulut konflik yang membahayakan,” ujarnya.

Disinggung soal adanya perintah dari pusat terkait pelaporan tersebut, Zainal membantahnya. hal itu murni reaksi dari LBH GP Ansor sendiri yang merasa dirugikan atas ciutin Faizal Assegaf.

“Tidak ada perintah dari pusat. Ini murni reaksi keluarga Nahdliyin yang merasa dirugikan oleh postingan Twiter Faizal Assegaf,” jelasnya.

Kami berharap, lanjut Zainal, polisi bisa cepat serta tuntas dalam mengurusi persoalan ini.

“Harapan kami perkara ini ditindak lanjutin secara tuntas. tegakkan yang adil jangan tebang pilih,” tutupnya. (rud/mk)

image_pdfimage_print

Add Comment

Click here to post a comment