Peristiwa

Festival Kepang Si Emak, Cara Pemkab Magetan agar UMKM Naik Kelas

Plaosan – Festival Kepang Si Emak di Kebun Refugia Plaosan menjadi ajang kurasi produk bagi UMKM Magetan. Ini untuk seleksi produk agar bisa bermitra dengan Pusat Oleh-Oleh Hamzah Batik Yogyakarta selaku tim kuratornya.

“Ini upaya kami membantu UMKM agar bisa naik kelas,” kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Magetan, Sukartini pada media, Minggu (11/12/2022).

Peserta kurasi adalah para pelaku usaha mikro Magetan yang memenuhi syarat. Yakni, memiliki Nomor Induk Berusaha, kemasan, menarik, memiliki PIRT dan sertifikasi Halal. Selain memiliki masa kedaluarsa, dan netto/berat produk. Kemudian, kurasi kategori non makanan, produk harus menarik, bisa berupa kerajinan/craft, maupun batik.

Menurut Sukartini, sebelumnya kurasi produk UMKM telah dilakukan pada bulan November lalu, dengan total sebanyak 46 produk dinyatakan lolos kurasi. “Alhamdulillah banyak produk UMKM yang lolos. Ini sudah berjalan untuk mengirim kesana,” ungkapnya.

Adanya kurasi produk ini merupakan bentuk fasilitasi dari Dinkop UKM Magetan dalam pemasaran UMKM. “Maka dari itu harapan bagi produk UMKM yang belum ikut kurasi kemarin, dapat ikut pada acara festival, sehingga yang lolos kurasi dapat bertambah,” kata Sukartini.

Sebelumnya, selain kurasi dengan Hamzah Batik, Dinkop UKM Magetan juga telah melakukan kurasi dengan total sebanyak 26 produk di Indomaret dan 17 produk di Alfamart. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment