Breaking news:

Hasil Pemilu 2024, Pengamat Politik Prediksi PDIP Turun, Demokrat Bertambah untuk Kursi DPRD Magetan

Magetan – Hasil pemilu 2024 di tingkat Magetan, untuk pemilihan calon anggota legislative diprediksi mengalami perubahan.

Pada pemilu lalu 2019, pemenang pemilu PDI Perjuangan dengan 10 kursi dan pemenang kedua Partai Demokrat mendapat 6 kursi.

Menurut pengamat politik Logopori (Local Government and Political Research Institute) Magetan, Muries Subiyantoro, prediksi perolehan terhadap dua partai besar di Magetan itu, karena hal berikut.

Pertama, perubahan dapil dari 5 dapil menjadi 6 dapil. Lalu, pengaruh kontestasi pilpres. Hasilnya, PDI Perjuangan di Magetan akan mendapatkan kursi tetap atau berpotensi turun.

“Kalau PDI Perjuangan, secara logika saja, saat ini pertempuran paling sengit ada di dapil Parang-Lembeyan. Nah, di dapil ini, PDI Perjuangan ditinggal dua caleg pemilu lalu yang mampu meraih jumlah suara hingga sekitar 4.000,” jelasnya, Rabu (31/1/2024).

Sedangkan, untuk Partai Demokrat akan mendapatkan kursi yang sama dengan pemilu lalu atau berpotensi tambah.

“Demokrat paling tidak akan mendapatkan kursi masing-masing satu di setiap dapil. Itu berarti 6 kursi. Kalau di pemilu lalu, hasil di dapil atas mendapat 2 bisa dipertahankan, maka akan menjadi 7. Dan, kalau dapil parang mendapat 2 karena ada Mas Pang sekarang, maka bisa menjadi 8,” kata Muries.

Sejumlah partai lain, menurut Muries juga akan mendapatkan kursi tetap atau bertambah. Sedang Hanura yang pemilu mendapatkan satu kursi, pemilu kali ini nihil.

Tulisan lengkap Muries soal prediksi hasil pemilu 2024 ini, ada link berikut: Analisis Prediksi Kalkulasi Kekuatan Politik Pemilu 2024 di Kabupaten Magetan (magetankita.com). (far/mk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Berita Terkait