Minggu, 14 Juli 2024

Monyet Bermunculan di Jalan Ahmad Yani

Magetan – Monyet-monyet berkeliaran di atas pohon di Jalan Ahmad Yani Magetan. Hewan ini acap kali muncul di pagi atau siang hari, antara pukul 06.00 atau 11.00.

“Tadi siang satu ekor. Paginya ada dua ekor. Tapi ya cuma di pohon. Mungkin lagi nyari makan atau buah-buahan,” ujar Palih Setiadi, warga Jl Ahmad Yani, Magetan, Rabu (8/7/2020).

Menurut dia, kabarnya kawanan monyet atau kera tersebut membangun habibat di Kali Gandong. Sungai yang melintas di tengah Kota Magetan. Masih banyak pohon besar di pinggir kali. Mungkin di situlah, kawanan ini tinggal.

“Muncul di seputaran Jalan Ahmad Yani sih kadang-kadang. Biasanya ada juga yang gendong anaknya. Tapi tidak mengganggu kok, wong hanya muncul di atas pohon,” ujar Palih, toko jajanan khas Magetan, Mitra 39 itu.

Terkadang, monyet tersebut nongkrong di jembatan Kali Gandong 2. Kadang kala ada yang “mertamu” di pohon milik warga sekitar. “Warung Asboma barat Kali Gandong 2 dulu pernah diampiri monyet itu. Biasane nyari buah talok samping warungnya,” terang Palih.

Kawanan monyet sejauh ini tidak mengganggu masyarakat sekitar. Warga pernah menjemur nasi tapi tidak juga diambil atau dimakan kawanan kera tersebut.

Kata Palih, kawanan kera atau monyet tersebut awal kemunculannya sekitar setahun ini. “Muncul ya pas musim kemarau seperti ini,” papar dia. (ar/mk)

Berita Terkait

Hot this week

Berita Terbaru

Popular Categories