Politik & Pemerintahan

Pemkab Siapkan 10 Etalase untuk Pembelanjaan Produk Lokal Sebesar 40 Persen

Magetan – Pemkab Magetan menyiapkan 10 etalase dan katalog guna membelanjakan 40 persen APBD Magetan tahun 2022. Itu dilakukan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo terkait penggunaan anggaran pemerintah untuk belanja barang-barang buatan dalam negeri.

“Ke-10 etalase itu di antaranya pakaian dinas kain tradisional, alat tulis kantor, bahan pokok, makanan minuman, aspal, material, beton ready mix, jasa keamanan, service kendaraan dan jasa kebersihan,” ujar Kepala Bidang BPBJ Magetan, Diah Muharini, Kepala Bidang BPBJ Magetan pada media Kamis (12/05/2022).

Hal tersebut diungkapkan sosialisasi tentang penggunaan produksi dalam negeri dalam pengadaan barang dan jasa ( PBJ ) pemerintah di ruang jamuan Pendapa Surya Graha . Sosialisasi digelar oleh Kejaksaan Negeri Magetan.

Menurut Diah, ke-10 katalog tersebut belum final. Sehingga, masih terbuka bagi produk-produk UMKM Magetan untuk masuk etalase.

“Kami persilahkan bagi penyedia barang dan jasa dan juga UMKM yang belum terwakili. Segera ajukan ke bagian pengadaan atau daftarkan ke Jatim Bejo. Bisa juga daftar ke katalog elektronik lokal dengan menghubungi BPBJ,” tutur Diah.

Kasidatun Kejari, Agustinus Gabriel Rante mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan produksi dalam negeri, meningkatkan utilisasi nasional yang pada akhirnya meningkatkan efisiensi industri. “Sehingga mampu bersaing di pasar dunia,” ungkap dia.

Bupati Suprawoto menyambut baik upaya pemerintah yang terus berusaha memihak ke masyarakat. “Kebijakan saya selalu untuk kepentingan masyarakat. Seperti kebijakan moratorium minimarket modern, substansinya agar toko kelontong tumbuh, usaha rakyat kecil tumbuh. Kebijakan memakai batik khas Magetan, dan kebijakan lainnya sehingga menumbuhkan ekonomi di daerah,” terang Bupati Suprawoto. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment