Peristiwa

Tak Hanya Jerembak Rusak, Limbah Kotoran Sapi di Pacalan juga Ganggu Kualitas Air PDAM

Magetan – Tidak hanya berdampak pada tanaman selada air atau jerembak. Limbah kotoran sapi yang diduga dibuang ke aliran sungai di Desa Pacalan, Kec. Plaosan, Magetan, ditengarai juga berdampak terhadap kualitas air Sumber Air Mudal.

Padahal, air dari Sumber Mudal adalah salah satu bahan baku utama PDAM Magetan. Tidak cuma itu, kawasan sumber juga akan dikembangkan sebagai destinasi wisata oleh Pemerintah Desa Pacalan.

“Ada dampak terhadap lingkungan yang di bawah karena aliran air dari atas memengaruhi pertanian masyarakat di desa kami. Juga sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas air Sumber Mudal,” ujar Kades Pacalan, Agus Suharto saat diwawancarai media Kamis (21/7/2022).

Diduga limbah kotoran sapi tersebut, menurut Agus, salah satunya buangan dari Kampung Susu Singolangu. “Bahan baku air Sumber Mudal ini sedikit banyak terkontaminasi limbah kotoran sapi dari kawasan atas yang dibuang ke sungai,” terang Agus.

Itulah sebabnya, Kades Pacalan berharap ada perhatian serius dari Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Peternakan dan Perikanan Pemkab Magetan, terkait limbah kotoran sapi. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment