Wisata & Kuliner

Target PAD 2022 Tercapai, Disparbud Persiapkan Kalender Wisata Magetan 2023

Magetan – Target pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2022 dari sektor pariwisata senilai Rp15,3 miliar bisa dicapai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemkab Magetan.

Target Rp 15,3 miliar tersebut diraih hingga akhir November 2022 ini. Salah satu yang berperan atas capaian tersebut adalah promosi pariwisata yang cukup gencar dilakukan oleh Disparbud.

“Dua tahun, dunia pariwisata cukup terpuruk akibat wabah pandemi Covid-19. Nah, di awal tahun, pandemi mulai melandai. Ini menjadi momentum sektor pariwisata secara perlahan bangkit dan pulih,” terang Kepala Disparbud, Joko Trihono, Jumat (02/12/2022).

Selain fokus promosi bersamaan kebangkitan sektor pariwisata pasca-pandemi Covid-19, Disparbud di awal tahun 2022 juga meluncurkan Calendar of Event (CoE). Hal ini menjadi pemantik wisatawan Nusantara untuk berkunjung ke Magetan.

“Kami juga mengikuti sejumlah event nasional sebagai ajang promosi pariwisata Magetan. Ini salah satu kunci keberhasilan pencapaian PAD,” tambah Joko Trihono.

Tidak hanya itu, pada saat pandemi Covid-19, upaya promosi wisata gencar dilakukan Disparbud Pemkab Magetan. Salah satunya mempromosikan potensi kepariwisataan secara virtual. Itu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dengan kebiasaan normal baru di masa pandemi Covid-19.

Promosi pariwisata Magetan melalui online dilakukan melalui Virtual Exhibition East Java Culture and Tourism. Event daring itu diinisiasi Disbudpar Jatim. Masyarakat bisa mengakses di https://virtual.jatim.travel/. 

Selain pameran virtual, Disparbud Pemkab Magetan mengikuti pameran virtual, fasilitasi event pariwisata, menjalin komunikasi dengan biro perjalanan/organisasi pemandu wisata.

“Kekuatan sektor pariwisata Magetan dengan menampilkan narasi keindahan alam, sejarah, aktivitas olahraga wisata dan tentu saja seni serta budaya merupakan sajian wisata yang lengkap dan saling melengkapi,” tutur Joko Trihono.

Beberapa agenda dalam Calender of Event 2022, yang dinilai menarik minat wisatawan, antara lain, kirab pusaka, Onthel Budaya, Labuhan Sarangan, Nasional Paralayang XC, Ledhug Suro, Kirab Nayakapraja, dan masih banyak lagi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Joko Trihono

Destinasi wisata yang juga mampu mendongkrak kunjungan wisatawan di antaranya : Air Terjun Tirtosari atau Air Terjun Ngadiloyo, Telaga Wahyu, Kebun Bunga Refugia, Magetan Park, Randugede Hidden Paradise, dan Mojosemi Forest Park.

Juga Taman Wisata Geni Langit, Lawu Green Forest, Objek Wisata Parang Hill, Taman Desa Wisata Jabung, Mbah Djoe Resort, Bumi Perkemahan Wisata Alastuwo, serta Tirto Gumarang.

“Telaga Sarangan masih menjadi ikon unggulan destinasi pariwisata di Magetan,” jelas Joko Trihono.

Saat ini, Disparbud mempersiapkan kunjungan wisata menjelang musim liburan sekolah, Natal dan tahun baru. Diharapkan, dengan sisa waktu di bulan Desember ini, sektor pariwisata bisa mendulang PAD di atas target.

Disparbud Pemkab Magetan juga mempersiapkan Calender of Event 2023 serta mempersiapkan promosi pariwisata menghadapi kalender tahun 2023. Di mana, tahun depan adalah tahun shio kelinci air, yang dikenal cerdas, berbudaya, kreatif, dan ramah. (par/mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment