Kamis, 18 April 2024

Akui Hasil Pemilu Tak Sesuai Prediksi, Demokrat Magetan Segera ‘Move On’ ke Pilkada

Share:

Magetan – Kejutan pemilu 2024 di Magetan tak hanya terjadi dengan perolehan suara dan kursi PDI Perjuangan yang turun. Kejutan lainnya juga menimpa Partai Demokrat.

Perolehan kursi Partai Demokrat berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Magetan, turun 1 satu kursi. Partai Demokrat meraih 5 kursi. Satu-satunya dapil yang tak menyumbang kursi yakni, dapil Magetan 4.

Turunnya kursi Partai Demokrat, di luar prediksi berbagai kalangan. Sebagian besar memprediksi Demokrat naik, bahkan memiliki kans menjadi pemenang pemilu.

Pengamat Politik Muries Subiyantoro sempat memperkirakan perolehan Demokrat akan naik 1 atau 2 kursi.

“Partai Demokrat pada Pemilu 2019 menjadi pemenang kedua dengan perolehan 6 kursi, diprediksi akan tetap bisa mempertahankan jumlah kursinya atau bahkan diprediksi bisa menambah 1 (satu) kursi, apabila di Dapil Magetan 6 bisa memperoleh 2 kursi,” tulis dalam kolom opini di magetankita.com, sebelum coblosan.

Meskipun turun, total suara Partai Demokrat di Magetan menjadi 3 terbanyak di bawah PKB, dan PDIP, dengan total 59.143 suara. Perolehan ini membuat Demokrat tetap akan memiliki unsur pimpinan dewan, yakni posisi Wakil Ketua DPRD.

Ketua Partai Demokrat Magetan, Pangajoman mengatakan turunnya perolehan kursi Demokrat menjadi evaluasi internal.

“Memang ada resikonya, menambah target kursi merupakan tantangan, dan diperlukan effort yang lebih, tidak bisa kita menghadapi dengan upaya biasa. Ini yang rupanya belum kami pahami dengan baik,” katanya, minggu lalu.

Pangajoman memastikan, Demokrat segera “Move On” karena momen pilkada di depan mata. (far/mk)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

━ berita terkait

638
Bupati Magetan 2024-2029 Pilihan Anda

━ berita terbaru

Hari Raya di Era Digital

Kebetulan saya mengalami berbagai jaman di dalam merayaan Hari Raya Idhul Fitri, kalau mengacu perkembangan teknologi jaringan atau network dalam dunia telekomunikasi. Ingatan saya...