Jumat, 14 Juni 2024

Bangga Magetan! Desa Bogoarum Masuk 3 Besar Lomba Kampung KB Jatim

Magetan – Membanggakan. Inilah yang dibuat Desa Bogoarum di Magetan. Desa yang berada di Kecamatan Plosan ini masuk 3 besar dalam Lomba Kampung Keluarga Berkualitas Provinsi Jawa Timur Tahun 2024.

“Keterpencilan Bogoarum diubah menjadi kelebihan. Potensi air yang melimpah di Bogoarum menjadikan mayoritas warga adalah petani. Sejak dicanangkan menjadi kampung KB, di Bogoarum kemudian banyak bermunculan UMKM. Semula pemasaran yang biasanya tradisional kini semakin maju dengan pemasaran melalui online medsos,” ungkap Kepala Desa Bogoarum, Suyanto, Selasa (19/3/2024).

Potensi desa Bogoarum antara lain, jamur, produk ecoprinting kulit dan kain, cobek, anyaman bambu, dan jemparingan (panahan) yang sampai diekspor ke Malaysia.

Pj Bupati Magetan, Hergunadi mengapresiasi  prestasi Desa Bogoarum. “Terima kasih kepada warga Bogoarum atas partisipasi di Kampung KB. Dari awal masuk Bogoarum terlihat banyak aktivitas kreatif warga, ekspresi warga dihargai secara maksimal di sini,” katanya.

Menurut Hergunadi, hal itu membuat angka harapan hidup di Bogoarum menjadi lebih panjang, karena di sini semua senang. Kampung KB telah mentranformasi Desa Bogoarum secara cepat dari desa biasa yang mungkin karena posisi di tengah dan akses agak susah, menjadi maju secara mandiri.

Desa Bogoarum menerima kunjungan tim juri BKKBN Jawa Timur. Ketua tim penilai, Yuni Dwi Tjadikijanto, S.E, menjelaskan kunjungan ini merupakan verifikasi lapangan Lomba Kampung KB yang masuk menjadi 3 besar seleksi tingkat provinsi, bersama kampung KB dari Ponorogo dan Malang.

“Kampung KB punya tujuan supaya masyarakat lebih sejahtera, desa lebih maju. Sehingga untuk mencapai hal itu bukan menjadi tugas dari BKKBN saja, melainkan tugas lintas sektor, termasuk tugas masyarakatnya,” ungkap Yuni.

Desa Bogoarum, kecamatan Plaosan ini menunjukkan dan memaparkan beberapa inovasi dan program andalannya. Beberapa program inovasi tersebut antara lain BKB (Bina Keluarga Balita), NETES (Niat Insun Tuntas Stunting), Dahsat (Dapur Sehat Atasi Stunting), Senam lansia dan lain-lain. (far/mk)

Berita Terkait

Hot this week

Mas Manto, ‘Ngetrail’, dan Olahraga di Magetan

Magetan – Olahraga, seperti tak pernah lepas dari aktivitas...

BPBD Jatim Bentuk 3 Destana di Magetan, Salah Satunya Desa Janggan

Magetan – Sebanyak tiga desa di Kabupaten Magetan menjadi...

Jalin Sinergi, Pers dan Humas Polres Magetan Kunjungi Polda Jatim

Magetan - Perwakilan organisasi pers dan perusahaan pers di...

Jadi yang Pertama di Magetan, Kelurahan Selosari Mulai Buka Sekolah Orang Tua Hebat Tahap II

Magetan – Kelurahan Selosari Kecamatan Magetan menjadi yang pertama...

Tak Mau Spekulasi Soal Rekom, Ketua PDIP Magetan Sujatno: Optimistis, Maju Terus

Magetan – Ketua DPC PDI Perjuangan Magetan Sujatno tak...

Berita Terbaru

Komisioner KPU Magetan Periode 2024-2029 Diumumkan, Berikut Lima Namanya

Magetan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI hari ini...

Atasi Persoalan Bawang Merah di Sidomukti, DTPHP Magetan Bantu Kembalikan Unsur Tanah Rusak yang Jadi Sebab

Magetan - Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan  Perkebunan (DTPHP)...

Pemkab Magetan Bentuk TRC Penanggulangan Bencana Multisektor

Magetan - Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana (PB)...

Popular Categories