Breaking news:

Pemkab Magetan Tetapkan 188 Kampung Berkualitas

Magetan – Keluarga berkualitas akan menghasilkan generasi yang berkualitas pula. Hal ini ditegaskan oleh Bupati Magetan Suprawoto saat mendampingi kunjungan lapangan tim penilai Kampung Keluarga Berkualitas dari BKKBN Perwakilan Jawa Timur di Desa Bedagung, Kecamatan Panekan, Rabu (03/05/2023).

“Setiap keluarga akan membantu memecahkan persoalan-persoalan terkecil di tingkat keluarga. Nah, dari keluarga berkualitas ini akan menghasilkan anak-anak yang berkualitas demi masa depan bangsa,” terang bupati.

Dia mencontohkan, jika dalam satu keluarga ada satu anak yang dilahirkan dan menjadi masalah sosial serta menjadi beban masyarakat. Ini menjadi tugas keluarga untuk melahirkan generasi berkualitas.

“Harapan kami, dari hal kecil dan dari Bedagung ini akan bisa menyumbangkan keluarga berkualitas sebagaimana kita harapkan,” terang bupati.

Kepala Desa Bedagung Barno mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan pada Kampung KB Mawar Bedagung. Program Kampung KB Mawar sangat banyak manfaatnya dan inovasinya seperti peningkatan akses data dan informasi, percepatan penurunan stunting, peningkatan akses dan pelayanan kesehatan, peningkatan akses.

“Termasuk, pelayanan pendidikan dan pengembangan ketahanan keluarga,” ujar Barno

Salah satu yang domain di Desa Bedagung yaitu Batik Mawar. Dengan pendampingan dari Dinas PPKB PP dan PA Magetan saat ini sudah ada dua kelompok batik dari kelompok PIK-R dan UPPKA. Batik mawar ini sudah mampu menembus pasar Magetan dengan penjualan lebih dari 750 potong.

Pemkab Magetan di tahun 2023 ini, menetapkan 188 Kampung Berkualitas dan sisanya 2 Kampung KB akan dibentuk di tahun 2024.

Kepala Perwakilan BKKBN Prov Jatim Maria Ernawati menyampaikan bahwa yang terpenting bisa meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian di desa dulu.

“Yang utama adalah keluarga dulu dimana keluarga sejahtera,ketahanan dan berkulitas, dengan sudah terbentuknya itu akan terbentuk Kampung Keluarga Bekualitas.,” terangnya.

Ada tiga kabupaten yang masuk dalam kategori pengembangan Kampung KB di tingkat kabupaten. Yakni, Desa Bedagung Kec. Panekan (Magetan), Desa Tegeran Kec. Tugu (Trenggalek) dan Desa Manggis Kec Puncu (Kediri). (mif/mk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Berita Terkait