Minggu, 14 Juli 2024

Bendera Putih itu Sudah Dibuat

Magetan – Nyaris kibarkan bendera putih. Alias hampir menyerah. Ini dialami oleh pelaku wisata di Telaga Sarangan, Magetan. Kondisi tersebut lantaran mereka tidak kuat lagi menghadapi pemberlakuan PPKM oleh pemerintah.

Ekonomi meraka terhimpit hingga tak mampu membayar pinjaman di bank. Aksi mereka itu gagal setelah sejumlah petugas dari TNI/Polri mendatangi pembuatan bendera putih oleh warga Sarangan pada Minggu petang (8/8/2021).

Ada ratusan bendera putih yang rencananya akan dipasang di seputar Telaga Sarangan sebagai simbol tak kuat menghadapi PPKM dan memilih menyerah. Seperti diketahui sebulan lebih selama PPKM lokasi wisata ditutup dari kunjungan wisatawan otomatis tidak ada pemasukan sama sekali.

“PPKM tidak apa. Di Sarangan itu lockdown tutup total. Tetapi, seharusnya juga mendapat bantuan. Karena kita juga butuh bayar listrik dan angsuran bank. Pasang bendera putih ini gerakan spontan hanya ini yang bisa lakukan untuk berjuang,” kata Wahyudi pada media Senin (9/8/2021).

Hal yang sama juga disampaikan Sukarti. Ia berharap bisa dibuka seperti dulu. “Sekarang mati total, saya jualan suvenir tamu tidak bisa masuk siapa yang beli,” ujar Sukarti.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Joko Trihono ketika berdialog dengan perwakilan pelaku wisata Telaga Sarangan mengatakan, bahwa untuk sementara ikon wisata Magetan ini tetap ditutup.

“Penutupan ini karena aturan, namun besok kita diskusikan merumuskan, dalam tanda kutip, agar pariwisata ini bisa berjalan dengan cara-cara tertentu seperti hotel bisa buka,” terang Joko. (ant/mk)

Berita Terkait

Hot this week

Berita Terbaru

Popular Categories