Peristiwa

Cegah Infeksi Penyakit Menular di Rutan, Dinkes Periksa Kesehatan Warga Binaan

Magetan – Tak ingin orang yang berada di dalam penjara terinfeksi penyakit menular, Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan melakukan pemeriksaan terhadap warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan setempat.

“Warga binaan tetaplah harus diberikan layanan kesehatan secara sempurna. Mengingat, pelayanan kesehatan tersebut berkaitan dengan pemenuhan hak-hak mereka,” kata Menurut Kepala Bidang P2P Dinkes Magetan, Suwatio, Selasa (31/05/2022).

Dinkes mendeteksi dini penyakit menular. Khususnya, HIV, TBC, IMS dan penyakit tidak menular lainnya. “Semoga kegiatan seperti ini lebih bisa digiatkan karena besar harapan untuk dapat diambil manfaatnya,” tambah Suwatio.

Deteksi dini tersebut diikuti oleh 178 warga binaan Rutan Magetan. Diawali dengan pendaftaran dan skrining. Seperti, pengukuran tensi darah dan denyut nadi. Lalu, skrining wawancara singkat terkait kondisi kesehatan warga binaan Rutan.

“Untuk warga binaan meskipun dinyatakan negatif, harus tetap menerapkan pola hidup sehat, hindari merokok, istirahat yang cukup, serta pola makan harus seimbang dan teratur. Kami juga berkomitmen penuh dalam hal pemenuhan gizi warga binaan di Rutan,” ungkap Kepala Rutan Kelas IIB Magetan, Eries Sugianto.

Setelah dinilai layak, warga binaan Rutan lantas diambil sampel darahnya. Ini untuk mendeteksi gula darah, kolesterol, asam urat. Pengambilan sampel dahak juga dilakukan guna mendeteksi penyakit TBC. Metode pemeriksaan yang digunakan adalah metode TCM. Di mana hasil akan keluar dalam 2-3 hari setelah pengambilan sampel. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment