Senin, 15 Juli 2024

Digulirkan Pembentukan KIM di Desa untuk Penguatan Literasi Digital

Magetan – Penguatan literasi digital lewat peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemkab Magetan membentuk Forum Kelompok Informasi Masyarakat se-Magetan, Jumat (14/04/2023).

“Media, terutama media sosial itu sakti. Media sosial jika dimanfaatkankan secara positif dan sebaik-baiknya hasilnya maksimal,” ungkap Ketua DPRD Magetan, Sujatno yang menjadi narasumber.

Forum yang dihadiri perwakilan kecamatan juga untuk mengajak terbentuknya KIM di tingkat desa sehingga kolaborasi antara pemerintah desa dengan kabupaten dapat terwujud

Kepala Dinas Kominfo, Cahaya Wijaya menjelaskan bahwa adanya KIM juga sebagai distributor informasi baik dari Kabupaten ke desa maupun sebaliknya.

“KIM, nantinya melakukan sosialisasi, diskusi serta pelatihan kepada masyarakat mengenai literasi digital. Serta sebagai penjembatan atau distributor informasi, sehingga tidak ada yang namanya putus informasi,” jelas Cahaya.

Mengenai pembentukan KIM di Pemerintah Desa, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Eko Muryanto sangat mendukung.

“Mari atas kemauan kita bersama, satu kecamatan, satu KIM dulu. Dioptimalkan sebagai pemerkasa. Bagaimana caranya? Usulkan dulu ke Pemerintah Desa, terbit SK, lalu dilantik,” jelas Eko.

Kepala Dinas PMD ini juga menjelaskan, KIM yang ada di desa juga bisa dijadikan benteng untuk meluruskan informasi yang bergulir di desa. Serta sebagai agen perubahan desa dengan memperkenalkan budaya, wisata dan potensi yang ada di desa. (mif/mk)

Berita Terkait

Hot this week

-Advertisement-spot_img

Berita Terbaru

Popular Categories