Peristiwa

‘Energi’ dari Diana Sasa untuk Sampah, Bantu KSM Arum Dalu Motor Roda Tiga

Magetan – Penanganan sampah membutuhkan energi yang besar. Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di TPS Arum Dalu Panekan telah memulainya Juni lalu.

Lurah Panekan, Heptana Wahyu Setiarso mengatakan, KSM Arum Dalu dibentuk untuk menangani dan mengelola sampah di wilayahnya.

“Sampah ini kalau dikelola dan ditangani secara baik, malah menjadi berkah,” katanya.

KSM Arum Dalu berhasil mengubah TPS menjadi tampat pembuatan produk kompos dan magot. TPS di Keluarahan Panekan itu tak hanya menjadi tempat pembuangan sampah, tapi kini menjadi usaha yang menghasilkan rupiah.

“Ini bagian dari upaya kami untuk membuat pola hubungan masyarakat yang ikut bertanggung jawab terhadap sampah yang dihasilkan. Dengan memilih, memilah, dan mengelola sampah menjadi produk bermanfaat seperti kompos dan budidaya magot,” jelasnya.

Kerja besar menangani sampah yang dilakukan KSM Arum Dalu diapresiasi Anggota DPRD Jawa Timur, Diana Sasa. Melalui aspirasinya, Diana Sasa menyalurkan bantuan sebuah unit kendaraan bermotor roda tiga untuk KSM Arum Dalu.

“Semoga bermanfaat. Saya concern soal sampah, soal pemberdayakan masyarakat desa,” kata Diana Sasa, Rabu (28/12/2022).

Bantuan alat pengakut sampah beroda tiga diserahkan, akhir pekan lalu. “Terima kasih atas bantuannya. Ini sangat membantu kerja KSM Arumdalu dalam pengelolaan sampah,” kata Lurah Hepta.

Lurah Hepta berharap eksekutif, legislatif dan banyak pihak lain bisa lebih peduli terhadap sampah. “Bantuan sekecil apapun akan menjadi energi untuk kerja sampah.” (far/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment