Peristiwa

Festival Dewi Cemara Jatim 2022, Dua Desa Magetan Raih Prestasi

Trenggalek – Desa Wisata Genilangit dan Simbatan meraih penghargaan dalam Festival Desa Wisata Cerdas, Mandiri dan Sejahtera (Dewi Cemara) dan Pekan Kebudayaan Daerah Jatim 2022.

Acara yang digelar Pemprov Jawa Timur dengan dukungan Pemkab Trenggalek itu, berlangsung selama dua hari (2-3/11/2022) di Anjungan Cerdas, Anjungan Cerdas Tugu Trenggalek.

Atas capaian itu, Desa Wisata Genilangit mendapat hibah bantuan sarana produktif pariwisata dari Gubernur Jawa Timur senilai Rp50 Juta.

Sedang, di kategori berbeda, Desa Wisata Simbatan, mendapat bantuan edukasi peningkatan kapasitas pengelolaan pariwisata.

“Sudah saatnya kita berprestasi, tidak hanya di dalam tapi di luar kandang dan berkiprah secara luas membawa perubahan bagi desa. Desa sebagai sumber kekuatan harus memperoleh porsi dan pembinaan tepat dari pihak yang kompeten. Sesuai dengan nawacita Presiden, membangun negara dari pinggiran, melalui desa, melalui masyarakat heterogen terkecil yang mempunyai potensi luar biasa untuk negeri ini,” kata Humas Pokdarwis Jawa Timur yang juga Ketua Pokdarwis Magetan, Widia Astuti, Rabu (2/11/2022).

Festival Dewi Cemara merupakan salah satu upaya pemerintah provinsi Jawa Timur untuk membangun desa melalui pariwisata dan mengevaluasinya.

Kepala Disbudpar Provinsi Jawa Timur, Sinarto, mengatakan nantinya desa wisata tetap maju, kebudayaan terus dilakukan pergerakan agar tetap lestari, dan ekonomi kreatif terus dikerjakan agar kekuatan ekonomi di Jawa Timur bisa diwujudkan.

Desa Wisata Genilangit pernah masuk dalam 100 besar ADWI 2021. Dan, Desa Wisata Simbatan di 300 besar. (far/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment