Peristiwa

Keren, Dishub Magetan Sediakan Angkutan Gratis untuk Pelajar

Magetan – Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Magetan menjalankan kembali program angkutan pelajar gratis. Ini setelah pembelajaran tatap muka atau PTM di Magetan juga sudah berjalan.

“Program angkutan pelajar gratis ini khusus untuk SMP sederajat, yang anggarannya disupport APBD” ungkap kepala Dishub setempat, Welly Kristanto, pada magetankita.com, Kamis (20/1/2022).

Pada tahun 2022, kata Welly Kristanto, kendaraan penumpang yang dilibatkan program angkutan pelajar gratis ini ada sebanyak 65 unit.

“Memang sempat terhenti program ini. Karena pandemi Covid-19, sekolah kan online. Tapi, setelah pemberlakuan PTM, kami jalankan kembali,” ujar Welly.

Mengantisipasi penyebaran wabah pandemi Covid-19, pihaknya juga melakukan sosialisasi pada sopir terkait mekanisme moda selama masa pandemi Corona.

“Yang jelas, kami sudah sosialisasi dan meminta agar sopir dan pelajar untuk menaati protokol kesehatan (prokes),” ujar dia.

Angkutan gratis pelajar ini, lanjut dia, khusus melayani 27 sekolah SMP sederajat. Kebijakan ini karena keterbatasan armada. Sementara, untuk siswa yang naik moda khusus tersebut, pihak sekolah yang menentukan.

“Tentu penyediaan angkutan gratis ini atas permintaan sekolah. Sehingga, rutenya tidak berdasarkan rute angkutan umum penumpang,” ujar Welly.

Menurut dia, pelayanan transportasi gratis ini hanya untuk pelajar SMP sederajat. Sebab, tingkat pelanggaran pengendara bermotor acap didapati oleh siswa SMP, yang belum cukup usia untuk memiliki SIM. (ant/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment