Jumat, 19 April 2024

Komitmen Bantu Warga Miskin, Kekuatan APBD 200 Rumah Pemkab Magetan Bangun Lebih 1.000 RTLH

Share:

Magetan – “Sepiro to dowo uripe? Paling nggak iso ngerasakne urip penak di rumah yang layak,” kata Bupati Magetan Suprawoto pada suatu saat, ketika melihat kondisi mbah-mbah di Magetan yang tinggal di rumah tak layak huni.

Kalimat itu disampaikan kepada Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Magetan, Sudiro, agar pemkab Magetan berbuat sekuat tenaga untuk membantu penyediaan rumah layak huni bagi mereka yang membutuhkan.

Sudiro mengungkapkan kekuatan anggaran Pemkab Magetan hanya bisa membantu pembangunan rumah layak huni sampai 200-an unit.

Namun, dengan bantuan pemerintah pusat melalui BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya), swasta, Baznas, dan komunitas, Pemkab Magetan mampu membangun rumah layak huni hingga 1100 unit setiap tahun.

“Kira-kira dua tahun ini, pasca pandemi, kita bisa membangun di atas seribu rumah layak huni. Tahun ini, sampai semester pertama kita sudah membangun 820-an rumah layak huni,” katanya, Senin (24/7/2023).

Sudiro mengungkap dinasnya terus melakukan pembaruan data untuk mendapatkan data yang presisi.

“Tahun 2018, kita memiliki angka sekitar 7 ribu rumah tak layak huni. Tahun lalu, datanya 3500-an,” jelasnya.

Sudiro memastikan Pemkab Magetan akan hadir untuk membantu warga miskin di Magetan. Hal itu menjadi komitmen pemkab seperti arahan Pak Bupati.

“Seperti penyediaan jalan yang menjadi tanggung jawab pemerintah. Sesuai tugas dan fungsi di dinas kami, maka pemkab akan hadir membantu penyediaan rumah tak layak huni bagi warga tak mampu di Magetan,” katanya. (far/mk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

━ berita terkait

638
Bupati Magetan 2024-2029 Pilihan Anda

━ berita terbaru

Hari Raya di Era Digital

Kebetulan saya mengalami berbagai jaman di dalam merayaan Hari Raya Idhul Fitri, kalau mengacu perkembangan teknologi jaringan atau network dalam dunia telekomunikasi. Ingatan saya...