Minggu, 14 Juli 2024

KPU Tetapkan 90 Anggota PPK Terpilih, di Nguntoronadi Perempuan Semua

Magetan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan menetapkan 90 nama calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pemilu 2024. Yang menarik, di Kecamatan Nguntoronadi, lima formasi PPK diisi perempuan semua.

Komisioner KPU Magetan Devisi Perencanaan dan Data, Nur Salam, menjelaskan KPU tidak memilih anggota PPK berdasarkan gender. Menurut Salam, semua PPK terpilih berdasarkan kemampuan dalam hal kepemiluan.

“Dari 90 PPK terpilih terdari dari 58 laki-laki dan 32 perempuan. Memang di Kecamatan Nguntoronadi semua PPK-nya perempuan. Karena mereka mumpuni dalam hal kepemiluan. Bukan karena gender dasar kita memilih anggota PPK,” jelas Salam, Jumat (16/12/2022).

Dari hasil penetapan PPK terpilih tersebut, rencananya akan dilantik pada Januari 2023 mendatang. Namun, belum ada tanggal pastinya.

“Kalau sesuai jadwal, harusnya di tanggal 4 Januari 2023 mendatang. Tapi, kami belum bisa pastikan,” katanya.

Diketahui, KPU Magetan telah menetapkan peringkat dari 10 nama di setiap kecamatan. Calon anggota PPK berperingkat 1-5, ditetapkan dan akan dilantik sebagai calon anggota PPK terpilih.

Adapun peringkat 6-10 akan ditetapkan sebagai calon pengganti antar waktu (PAW) PPK. Pergantian antar waktu adalah istilah umum dalam dunia perpolitikan yang merujuk kepada digantinya seorang anggota dewan atau komisioner komisi karena yang bersangkutan berhalangan tetap atau meninggal dunia. (rud/mk)

Berita Terkait

Hot this week

Berita Terbaru

Popular Categories