Politik & Pemerintahan

Mengenal Dinas PUPR Kabupaten Magetan (3)

Bidang Sumber Daya Air

Bidang Sumber Daya Air mempunyai tugas pokok dan fungsi memberikan penyediaan air baku untuk irigasi. Seperti Pembangunan embung, rehabilitasi embung, penyediaan pembangunan sumur air tanah, dan rehab jaringan irigasi.

“Di tahun 2021, ada pembangunan dan rehabilitasi tujuh embung, salah satunya pembangunan embung di Ringinagung, yang sudah bisa digunakan untuk menyimpan air atau pengendalian banjir,” jelas Kepala Bidang Sumber Daya Air, Yuli Karyawan Iswahyudi, ST, MT, Jumat (31/12/2021).

Tahun 2022, Bidang SDA akan terus melanjutkan pembangunan atau rehabilitasi embung, melanjutkan pengerjaan yang sudah dilakukan pada Tahun 2021.

“Ada kurang lebih 7 sampai 8 embung yang akan dikerjakan pada Tahun 2022,” tambah Yuli.

Bidang Bina Marga

Bidang Bina Marga Dinas PUPR Magetan, bisa dibilang bidang  bidang yang banyak bersinggungan langsung dengan masyarakat secara luas, karena mengurus soal ruas jalan dan jembatan.

“Kami menangani ruas jalan sepanjang 630,5 kilometer, dan 325 jembatan,” kata Kepala Bidang Bina Marga, Didiek Budiman, ST.

Di tahun 2021, penangangan jalan baik perawatan atau pelebaran telah dilakukan oleh Bidang Cipta Karya, untuk memperlancar akses ekonomi, pendidikan juga akses menuju wisata.

“Seperti ruas jalan menuju wisata genilangit, Sarangan, wisata religis Temboro, dan ruas jalan di perbatasan Jatim Jateng,” tambahnya.

Selain itu, bidang Bina Marga juga menangani infrastruktur yang rusak akibat bencana alam. “Salah satu contoh, jembatan Bogem Sukomoro, dan penanganan talud longsor di Ngancar Plaosan,” ujarnya.

Karena masih pandemi, dan banyak anggaran yang dipotong, maka beberapa pengerjaan yang dilakukan pada Tahun 2021 belum bisa selesai, sehingga dilanjut di Tahun 2022.

“Seperti di tahun 2021, pengerjaan infrastruktur jalan atau jembatan untuk mempermudah akses ekonomi, dan pariwisata,” pungkas Didiek. **

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment