Minggu, 14 Juli 2024

Politeknik ATK Yogyakarta Buka di Magetan

Magetan – Satu lagi perguruan tinggi yang memiliki kampus di Magetan. Adalah Politeknik ATK Yogyakarta yang pada Rabu (24/2/2021) ini melakukan seremoni pembukaan program Pendidikan Setara Diploma-1 (D-1).

Pembukaan lembaga pendidikan di bawah Kementerian Perindustrian tersebut, dilaksanakan di Pendapa Surya Graha Magetan.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Suprawoto, Wakil Bupati Nanik Endang Rusminiarti, jajaran Forkopimda, Asisten, dan Kepala OPD terkait. Juga Direktur Utama ATK Yogyakarta, Ketua Aperindo Jawa Timur, serta Direktur Utama PT. Prima Ngawi

Bupati menjelaskan alasan didirikannya ATK adalah memajukan industri kulit di Magetan. Sehingga, hasil penyamakan dan produksi kulit di kabupaten di timur Gunung Lawu ini dapat maksimal.

Dia mengatakan, dengan kerjasama antara Pemkab Magetan dan Poltek ATK Yogyakarta ini, dunia penyamakan kulit di Magetan bertambah maju. “Serta membuat persebaran perguruan tinggi di Jawa Timur bagian barat makin merata,” ujar Suprawoto.

Dirut ATK Yogyakarta Sugianto menjelaskan, tujuan diadakannya perguruan tinggi ATK di Magetan untuk menghasilkan setara D1 tentang Industri kulit. “Juga menciptakan wirausahawan produk kulit serta membantu Magetan dalam mengembangkan industri kulit,” ungkap Sugianto.

Mahasiswa baru diterima Poltek ATK Yogyakarta sebanyak 37 orang. Untuk sistem perkulihan, akan ada 44 SKS yang dibagi 40% teori 60% praktek.

Pembelajaran berasal dari dosen tetap politeknik Yogyakarta dan praktisi dari perguruan tinggi lain serta Tim Pemkab  Magetan. Di akhir kuliah, akan ada magang di industri baik alas kaki/kulit yang bekerja sama dengan BPSDM Kementerian Perindustrian. (ant/mk)

Berita Terkait

Hot this week

Berita Terbaru

Popular Categories