Peristiwa

Sejoli Curi Kotak Amal Masjid Desa Pacalan

Plaosan – Uang di kotak amal musala atau masjid, kembali menjadi sasaran orang yang panjang tangan. Ini menimpa Masjid Adh-Dhuha di Desa Pacalan, Kec. Plaosan, Magetan.

Isi otak amal di masjid tersebut diduga diembat maling. Dari rekaman CCTV milik Masjid Adh-Dhuha, ternyata pencurinya pasangan sejoli.

Hilangnya duit sedekah dan infak jemaah di kotak amal tersebut diketahui takmir Masjid Adh-Dhuha saat akan salat Maghrib. Sore itu, salah seorang takmir memeriksa kebersihan masjid.

Di bagian selatan jemaah perempuan bagian luar, ada kotak amal. Takmir melihat kotak amalnya kondisinya rusak. “Saya dekati ternyata gemboknya dicongkel dan isinya tinggal sedikit,” kata salah seorang takmir Masjid Adh-Dhuha, Sukarni pada media Kamis (21/7/2022).

Sadar ada aksi pencurian uang di kotak amal. Sukarni pun melaporkan pada takmir masjid lainnya. Lalu takmir masjid, membuka rekaman kamera CCTV. Dalam video, terekam aksi laki-laki dan perempuan.

Dalam rekaman kamera pengawas, tampak si cowok lebih dahulu merusak dan mengambil uang di kotak amal. Kemudian, memasukkan ke tas pinggang. “Beberapa saat kemudian, si perempuan menguras isinya lagi,” terang Sukarni.

Sukarni menengarai pelakunya sejoli. Ciri-cirinya, si cowok berambut gondrong belah tengah. Badan sedang. Sedang si cewek terlihat masih muda dan mengenakan baju senam.

‚ÄúSudah dua kali di Masjid Adh-Dhuha ini, kotak amal dirusak dan uang sedekah jemaah diambil. Pertama, pelakunya seperti orang gila. Yang kedua, dilakukan oleh dua orang laki-laki dan perempuan. Mereka mengendarai motor Honda Beat,” tutur dia.

Aksi pencurian kotak amal ini, Masjid Adh-Dhuha mengaku kehilangan uang kira-kira dari Rp 250 ribu. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment