Hukum & Kriminal

Terlibat JI, Satu Tersangka Teroris Ditangkap di Magetan

Jakarta – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri meringkus satu tersangka teroris RY alias D di Kecamatan Plaosan, Magetan. Penangkapan terjadi sekitar pukul 08.00 WIB, Selasa (2/8/2022).

RY terlibat dalam jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI). Perannya, sebagai penghubung internasional.

“Keterlibatannya, pada 2013 mengikuti seleksi anggota hubungan internasional JI dan melakukan perjalanan ke Suriah melalui Dubai untuk membuka jalur hubungan dengan Free Syrian Army dan bergabung di pelatihan militer,” kata Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, dalam keterangan persnya.

Tidak hanya itu, di 2015, RY melakukan perjalanan kembali ke Suriah melalui Istanbul. Tujuannya, untuk membangun hubungan dengan Jabah Musrok.

“Pada saat di Suriah, ditahan kelompok militer ISIS. Yang bersangkutan juga mempunyai koneksi langsung ke Yaman dalam membuka jalur hubungan JI dengan Alqaeda untuk melakukan pelatihan militer di Suriah,” jelasnya.

Ry diketahui pernah berkomunikasi dengan Dulmatin di Magetan. Dulmatin merupakan otak bom Bali yang kemudian tewas saat penangkapan di Tangerang Selatan, 2010 silam. (far/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment