Pemilu 2024

Wabup Ajak Perempuan untuk Ambil Bagian dalam Pemilu 2024

Magetan – Dalam Daftar Pemilih jumlah perempuan di Magetan tercatat lebih banyak ketimbang laki-laki. Jumlahnya, sekitar 51 persen.

Hal itu mendorong Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Magetan, menggelar sosialisasi pendidikan politik dengan tema, Memperkuat Peran dan Partisipasi Pemilih Perempuan dalam Mensukseskan Pemilu dan Pilkada Serentah tahun 2024, Jumat (9/12/2022).

Kepala Bakesbangpol Magetan, Chanif Tri Wahyudi mengatakan, tema dalam sosialisasi tersebut bukan tanpa alansan. Pasalnya, di Kabupaten Magetan menurut data jumlah daftar pemilih tetap (DPT) didominasi oleh peremupuan.

“Tema tentang partisipasi pemilih perempuan kali ini karena kami menyadari, jumlah DPT yang ada di Magetan sangat luar biasa. Dari total jumlah DPT tersebut, 51 persen adalah pemilih perempuan,” katanya.

Acara sosialisasi politik ini dihadiri Wakil Bupati Magetan, Sekda Magetan, Ketua KPU Magetan sebagai narasumber, serta kelompok dan organisasi perempuan.

Wakil Bupati Magetan, Nanik Endang Rusminiarti mengajak perempuan untuk turut ambil bagian dalam perhelatan pemilu tahun 2024 mendatang. Hal itu dikarenakan, adanya kuota keterwakilan pencalonan perempuan yakni 30 persen di partai politik.

Menurut Bu Wabup, jumlah legislator perempuan masih sedikit.

“Kami juga mengimbau para ibu-ibu yang hadir untuk mensosialisasikan kepada keluarga, kelompok-kelompok perempuan serta masyarakat akan pentingnya hak pilih. Jadi jangan pada golput,” terangnya. (rud/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment