Selasa, 16 April 2024

Benda Purbakala di Desa Tapen Hilang, Pemkab Magetan Lapor BPCB Jatim

Share:

Lembeyan – Satu lagi benda purbakala di Magetan dilaporkan hilang. Itu menimpa lima objek yang diduga cagar budaya (ODCB) di punden Kenong, Desa Tapen, Kecamatan Lembeyan.

‘’Kira-kira, sebulan lalu lima benda tersebut diketahui hilang,’’ kata pemerhati sejarah Magetan, Muh. Setyono, Minggu (05/03/2023).

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (disparbud) Pemkab Magetan telah dilapori. Disparbud juga sudah melakukan pengecekan punden Kenong, Desa Tapen.

‘’Benda yang hilang punden Kenong ini sudah terdaftar sebagai ODCB. Yang hilang itu, dua batu ompak, dua patung yoni dan satu lagi patung lingga,’’ imbuh Setyono pada media.

Tidak hanya punden Kenong, pada bulan Februari lalu, beberapa benda ODCB di Desa Sukowidi, Nguntoronadi, juga hilang. Ditengarai, hilangnya benda purbakala di punden Kenong dan di Sukowidi tersebut berkaitan.

Kepala Disparbud Joko Trihono mengaku sudah menerjunkan tim untuk melakukan pengecekan. Pihaknya akan melapor pada Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur. (mif/mk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

━ berita terkait

636
Bupati Magetan 2024-2029 Pilihan Anda

━ berita terbaru