Senin, 15 Juli 2024

BSPN PDI Perjuangan Magetan: Skema 6 Dapil Skornya Tertinggi

Magetan – Dukungan terhadap skema perubahan dapil pada pemilu 2024 mendatang, tak hanya alasan pemerataan, atau makin mendekatkan calon legislatif dengan pemilih.  

PDI Perjuangan Magetan memiliki analisis dengan sistem skoring terhadap 3 skema rancangan KPU tentang penataan dapil dan alokasi kursi.

“Tak hanya tiga, kami malah membuat 5 skema yang sesuai 7 kriteria penataan dapil di Magetan. Dari kelimanya, skema 3 rancangan KPU memiliki nilai tertinggi,” kata Sekretaris Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) Cabang PDI Perjuangan Kabupaten Magetan, Andian Wilatutu, Rabu, (14/12/2022).

Dari 3 racangan skema dapil yang diusulkan KPU, Skema 1 mendapat skor 20, skema 2 skornya 32, dan skema 3 tertinggi dengan skor 33. Skor tinggi pada skema 3 rancangan KPU terutama dari prinsip proporsional dan ketaatan pada sistem yang proporsional.

Pada prinsip proporsional, skema tiga memiliki 7-8 kursi per dapil. Tidak seperti pada skema dapil di pemilu 2019 yaitu 8-11 kursi.

“Berikutnya, pada prinsip ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, terutama dalam indikator  nilai ambang batas efektif atau suara sah antar partai untuk mendapatkan kursi,  tidak terlalu besar disparitasnya antara masing-masing,” jelasnya.

Sikap PDI Perjuangan yang menyetujui skema 3 pada usulan rancangan KPU ini telah disampaikan pada uji publik skema penataan dapil dan alokasi kursi, kemarin. (far/mk)

Berita Terkait

Hot this week

-Advertisement-spot_img

Berita Terbaru

Popular Categories