Jumat, 19 April 2024

Pemilu 2024 di Magetan, Damai Sejak Awal

Share:

Magetan – Hasil Pemilu 2024 secara nasional telah diumumkan penyelenggara, 20 Maret 2024 malam. Sedang, hasil Pemilu 2024 di Magetan diketahui lebih awal. KPU Magetan mengumumkan hasil Pemilu pada 1 Maret 2024.

Sukisno mengetahui hasil Pemilu 2024dari cerita tetangga yang datang ke rumah dia. Tetangganya, sudah biasa datang ke rumah Sukisno.

Rumah Sukisno di Desa Candirejo, di pinggir jalan raya menuju Sarangan itu kerap menjadi tujuan warga untuk berkegiatan.

Waktu coblosan, Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02 Desa Candirejo bertempat di rumah Sukisno.

“Sudah sering, bahkan saya juga tak mematok biaya untuk kegiatan warga, termasuk kalau mau dipakai hajatan,” katanya.

Dulunya, rumah Sukisno merupakan rumah makan terkenal di Magetan. Namanya, Adem Ayem. Namun tutup belasan tahun lalu, karena anak Sukisno pindah tinggal di Yogyakarta. Sejak itu, sering digunakan sebagai tempat kegiatan warga.

Kata Sukisno, warga guyub rukun, dia dan istri yang tinggal berdua di rumahnya sudah sangat senang. Usaha Sukisno memberikan tempat bagi proses gelaran demokrasi itu tak sia-sia.

“Pemilu 2024 di TPS 02 Candirejo, berjalan damai dan lancar,” kata Ketua KPPS TPS 02 Candirejo, Norma, usai pelaksanaan pemungutan suara.

Tak hanya di TPS 02 Candirejo, Pemilu 2024 di seluruh Magetan berjalan damai. Pemkab Magetan melalui Diskominfo memantau pelaksanaan Pemilu 2024 di sekitar 100 desa/kelurahan. Melibatkan relawan TIK, mahasiswa, dan jurnalis.

Dari pantauan itu tak ada catatan berarti. Pun dengan pantauan yang dilakukan jajaran Forkompimda langsung di TPS-TPS.

“Terima kasih warga Magetan atas partisipasi yang luar biasa. Ini jalan-jalan sepi. Warga sangat antusias. Dan berjalan lancar,” kata Pj Bupati Magetan, Hergunadi, pada saat coblosan.

Kepolisian mengapresiasi gelaran Pemilu 2024 di Magetan yang tertib dan aman. Kapolres Magetan AKBP Satria Permana memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 di Magetan, berjalan dengan lancar dan damai. Termasuk, situasi pasca pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Magetan yang telah menunjukkan partisipasi dan kesadarannya dalam mensukseskan Pemilu 2024,” ujar Kapolres Magetan, AKBP Satria Permana, dalam keterangan persnya, Selasa (20/2/2024).

Kapolres Magetan menjelaskan terdapat 2012 TPS (tempat pungutan suara) yang tersebar di 235 desa/kelurahan dan 18 Kecamatan di Kabupaten Magetan.

Menurut Kapolres, situasi yang aman dan kondusif ini tidak lepas dari peran serta semua pihak, baik dari masyarakat, pemerintah daerah, TNI, Polri, maupun penyelenggara Pemilu 2024 seperti KPU dan Bawaslu.

Hal ini diamini penyelenggara Pemilu 2024. Salah satu kunci penyelengaraan Pemilu 2024 damai di Magetan adalah sinergi dan komunikasi.

“Saya dari awal, sejak Pemilu belum digelar, kami optimistis Pemilu 2024 berjalan lancar dan damai,” kata Ketua KPU Magetan, Fahrudin, minggu lalu.

Sinergitas dibangun dari awal antara penyelenggara, dengan stake holder, peserta pemillu, dan semua yang terlibat.

“Sinergi dan komunikasi dimulai jauh hari sebelum pemilu, ada beberapa grup Whatsapp yang menjadi sarana komunikasi. Salah satu ketika help desk pemilu dibentuk, peserta pemilu tidak ada yang sungkan untuk bertanya,” ungkapnya.

Fahrudin menekankan prinsip kebersamaan dalam perbedaan dan berbeda dalam kebersamaan. Di internal ini kemudian diwujudkan dengan memberikan pelayanan terbaik.

“Kami berprinsip menyajikan dengan transparan dan apa adanya. Sehingga, tidak pernah ada protes yang gini-gini, karena kita sajikan apa adanya. Kalau saya ingat, justru bukan pada pelaksanaan yang berat, tapi saat verifikasi parpol,” jelasnya.

Fahrudin juga mengapresiasi Pemkab Magetan yang membantu upaya penyelenggaran pemilu. Fahrudin mencontohkan ketika rekrutmen PPK, PPS, KPPS. Menurut dia, Pemkab menggratiskan surat keterangan sehat belasan ribu pendaftar.

“Ketika semua dikomunikasikan, rasanya tidak akan ada kendala yang berarti. Semua kita komunikasikan, bersinergi dengan semuanya termasuk anda sebagai media,” katanya.

Upaya yang sama juga dilakukan Bawaslu Magetan. Merangkul seluruh pihak untuk bersama-sama menyukseskan pemilu, salah satunya turut serta dalam pengawasan partisipatif selama proses pemilu.

“Melalui upaya kolaboratif ini, Bawaslu Magetan memberikan pandangan bahwa pengawalan demokrasi adalah tanggung jawab bersama,” kata Ketua Bawaslu Magetan, M. Kilat Adinugroho, Senin (25/3/2024).

Pemilu 2024 usai. Sebentar lagi ada pilkada serentak. Sukisno tak berubah. Dia dan istrinya akan tetap mengizinkan rumahnya menjadi tempat pemungutan suara. Baginya, tak ada harga yang lebih mahal dari pemilu yang berjalan damai. (far/mk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

━ berita terkait

639
Bupati Magetan 2024-2029 Pilihan Anda

━ berita terbaru

Hari Raya di Era Digital

Kebetulan saya mengalami berbagai jaman di dalam merayaan Hari Raya Idhul Fitri, kalau mengacu perkembangan teknologi jaringan atau network dalam dunia telekomunikasi. Ingatan saya...