Home » Dibuka Malam Ini, Ada Keris Seharga Rp 1 Milyar di Pameran Tosan Aji II
Peristiwa

Dibuka Malam Ini, Ada Keris Seharga Rp 1 Milyar di Pameran Tosan Aji II

Magetan – Sukses dengan gelaran pertama, tahun lalu, Pameran Tosan Aji kembali digelar. Malam ini, Kamis (24/11/2022), Pameran Tosan Aji II 2022 akan dibuka Bupati Magetan, Suprawoto, di Pendopo Surya Graha.

Pameran ini akan menampilkan sejumlah benda pusaka seperti keris, tombak, pedang, dan sejenisnya, dari kolektor se-Jawa dan Madura.

“Tahun ini temanya, Joyo Jayaning Nuswantoro. Ini upaya kami untuk memelihara dan mengembangkan warisan budaya yang menjadi tanggung kita semua,” kata Ketua Pelaksana Kegiatan, Hardjuno.

Menurut Mbah Juno, sapaan akrabnya, Pameran Tosan Aji II 2022 digelar juga untuk mengingat bahwa 25 November 2005, Unesco memberikan pnegakuan keris dunia.

Pameran Tosan Aji II yang akan berlangsung hingga 26 November 2022, juga akan memamerkan keris dan tombak yang panjangnya 3 meter. Keris tertua di era kerajaan, seperti Majapahit, Padjajaran, Singosari, dan Mataram. Ada yang harganya, sampai Rp 1 Milyar.

Selain pameran, ada Serasehan Tosan Aji, Workshop Pande Tosan Aji, Bursa Tosan Aji dan Asesorisnya, Bursa Antikan, Parade Komunitas Sepeda Tua Indonesia serta gelar budaya Nusantara dari seniman Magetan dan sekitarnya. Tak ketinggalan, bazar UMKM.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga, Joko Trihono, berharap melalui Pameran Tosan Aji, anak-anak muda bisa ikut nguri-nguri budaya.  (far/mk)

image_pdfimage_print