Peristiwa

Diperbaiki PUPR Magetan, Embung Nglopang Kini Berfungsi Kembali

Parang – Warga Dukuh Jarakan, Desa Nglopang, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, patut berbahagia. Pasalnya, embung yang sebelumnya telah direhabilitasi dan dinormalisasi oleh Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Pemkab Magetan sudah berfungsi.

Kabid SDA Dinas PUPR, Yuli K. Iswahyudi melalui Kasi Penyediaan dan Pengelolaan Air Baku, Ahmad Ulinuha mengatakan, kini embung Jarakan yang berada di Desa Nglopang sudah terisi air, dan bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar.

“Alhamdulillah saat ini Embung Nglopang sudah terisi air. Itu berarti embung sudah berfungsi untuk irigasi persawahan warga,” terang Ulin.

Lebih lanjut, project pembangunan Embung Nglopang lanjutan ini dibangun dengan dana APBD tahun 2022, dengan nilai kontrak Rp. 638.108.800,-, yang dikerjakan oleh CV. Bintang Baru dan diawasi oleh CV. Pandega Raya.

“Untuk pengerjaan Embung Nglopang ini adalah lanjutan dari rehabilitasi sebelumnya. Di mana pengerjaan 90 hari kerja, dan selesai pada bulan Oktober kemarin,” tambahnya.

Sarkun, warga setempat mengaku sangat berterimakasih dan senang dengan pengerjaan Embung di daerahnya. Karena sebelumnya, embung tersebut sama sekali tidak berfungsi.

Sementara itu, kedepannya pihak desa dari karang taruna setempat berencana akan memanfaatkan embung tersebut sebagai wahana pemancingan bagi warga. Juga pengembangan ekowisata.

“Hujan yang turun hampir setiap hari di Parang menjadikan embung terisi air. Matur suwun (terima kasih, red) Dinas PUPR, sudah dibangun lagi embungnya. Dari Embung Nglopang ini warga bisa memanfaatkan untuk mengairi sawah. Dan, ke depannya, karang taruna akan menjadikan embung ini sebagai tempat pemancingan juga,” tutur Sarkun. (par/mk)

Print Friendly, PDF & Email
Tags

Add Comment

Click here to post a comment