Peristiwa

Hari Ikan Nasional, Pemkab Magetan Angkat Potensi Sektor Perikanan

Panekan – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Magetan, menggelar acara Perayaan Hari Ikan Nasional ke-9 tahun 2022. Acara digelar selama dua hari yakni, 3-4 Desember 2022, dipusatkan di Desa Sumberdodol, Kecamatan Panekan, Magetan.

Bupati Magetan Suprawoto mengatakan, Magetan berpotensi dalam sektor budidaya perikanan air tawar karena ketersediaan air di wilayah Magetan sangat baik. Salah satunya, berada di Desa Sumberdodol.

“Sektor pengembangan perikanan ke depan mampu meningkatkan derajat ekonomi masyarakat,” katanya, Sabtu, (3/11/2022).

Acara Hari Ikan Nasional bertemakan Ikan Menyehatkan dan Mencerdaskan untuk Generasi Unggul. Kepala Disnakan Magetan, Nur Haryani menjelaskan, tujuannya untuk menyatukan visi misi dalam perkembangan perikanan di Kabupaten Magetan.

“Dengan adanya acara ini, semoga bisa membangun sinergitas antara pemangku kebijakan di pusat, daerah, pelaku usaha serta masyarakat untuk bersama-sama turut meningkatkan upaya pembangunan perikanan di Magetan,” tuturnya.

Hadir dalam gelaran Hari Ikan Nasional tersebut yakni Bupati Magetan, Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan BRSDM KKP, Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan KKP Sidoarjo, Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Banyuwangi, Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendaian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Surabaya, Perwakilan Dinas KP Jatim, Sekdakab Magetan, Ketua Komisi B Magetan, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Magetan dan Forkopimca Panekan.

Di akhir acara, sebanyak 272 paket gizi diserahkan kepada warga Desa Sumberdodol. Selanjutnya, dilakukan penebaran benih ikan dewa di kolam Tirto Mudo Sumberdodol dan bantuan 1 ton ikan segar yang didistribusikan kepada pondok pesantren, Yayasan, dan masyarakat. (rud/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment