Peristiwa

Ini Pesan Wartawan Senior Dhimam Abror kepada Peserta UKW di Magetan

Magetan – Media massa, apapun jenisnya, adalah elemen penting bagi suatu daerah. Sebab, media memiliki empat tugas utama.

“Tugas media itu to informate, to educate, to entertaint dan social control (menyampaikan informasi, untuk mendidik untuk menghibur, dan kontrol sosial, red),” terang Dhimam Abror Djuraid, founder Kempalan.Com.

Pak Abror mengatakan hal tersebut dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang difasilitasi oleh Diskominfo Pemkab Magetan dan PT Aksara Solopos. UKW diikuti insan pers media online yang ngepos di Magetan. UKW digelar di aula Hotel Bukit Bintang selama dua hari, Rabu-Kamis (14-15/12/2022).

“Media juga harus tetap menjaga independensi. Karena media itu ibarat watch dog bagi pemerintah. Artinya, media akan menjalankan fungsi kontrol sosial ketika melihat ketidakadilan. Media harus mengingatkan pemerintah,” ungkap Dhimam.

Yang perlu diingat lagi bahwa pers adalah pilar demokrasi keempat. Setelah, eksekutif, legislatif dan yudikatif. Karena itu, peran media menjadi vital. “Jadi dalam pilar demokrasi itu, media memegang peranan penting sebagai fungsi kontrol,” kata Dhimam Abror yang mantan Pemred Jawa Pos itu. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment