Breaking news:

Media Gathering Jurnalis Magetan untuk Pemilu Damai 2024

Magetan – Sebagian besar jurnalis di Magetan, libur bertugas selama dua hari, Minggu dan Senin (3-4/12/2023).

Sekitar 40 jurnalis itu diajak Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Magetan ke Malang. Acaranya, Media Gathering. Temanya, sejalan dengan momen pesta demokrasi saat ini, “Sinergitas Pemerintah dan Pers Wujudkan Pemilu Damai 2024”.

Ada paparan serta sesi diskusi yang antara narasumber, yakni PJ Bupati, Kapolres Magetan, dan wakil dari Kejaksaan Negeri Magetan dan rekan media.

Pj Bupati Magetan Hergunadi berharap peran media dalam menjaga situasi kondusif selama pemilu.

“Media menjadi penyampai informasi yang cepat kepada masyarakat. Saya berharap, media mampu menjadi suspensi yang baik dalam menjaga kondusifitas pemilu mendatang,” ujar Hergunadi, Minggu malam (3/12/2023).

Pengertian suspensi, lanjut Hergunadi, dalam pemberitaan media mampu memilih dan memilah apa yang bisa memicu terjadinya konflik di masyarakat.

“Berita hoax dalam kontestasi pemilu sangat riskan terjadinya konflik. Selain itu, mohon ketika ada statement dari peserta pemilu yang dirasa bisa menimbulkan polemik, dilandaikan agar tidak memanas. Jadi ibarat kendaraan media bisa menjadi skok,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan menyampaikan, dalam segi pengaman pihaknya sudah memetakan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) dalam menghadapi pemilu tahun depan.

“Untuk terjadinya pemilu damai tahun depan, ada beberapa hal yang sudah kami siapkan. Salah satunya IKP. Dimana daerah yang menjadi titik rawan terjadinya konflik pemilu, kami tambah pengamanannya,” jelas kapolres.

Diskusi berjalan seru dan damai. Seperti harapan pada tema yang dibawa Kominfo Magetan tentang pemilu damai tahun depan.

Esoknya, wartawan diajak ke Outbound Kaliwatu, Batu. Di Kaliwatu, para jurnalis yang biasa membawa kamera serta catatan, diajak Kominfo untuk angkat senjata. Bukan senjata laras panjang atau jenis revolver. Namun, senjata angin untuk main Paintball.

“Kegiatan outbound ini untuk menumbuhkan kekompakan serta keakraban para wartawan. Semoga keharmonisan para media di Magetan bisa terus terjaga,” kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Magetan, Eko Budiono.

Usai outbound, rombongan langsung bertolak ke Magetan. (rud/mk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Berita Terkait